HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI IBU DENGAN POLA PENYAJIAN MI INSTAN MENURUT TINGKAT KONSUMSI DAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH (Studi di SD Negeri Mulyorejo I Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya)

DESI MAULIA SARI, 100210964 (2006) HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI IBU DENGAN POLA PENYAJIAN MI INSTAN MENURUT TINGKAT KONSUMSI DAN STATUS GIZI ANAK SEKOLAH (Studi di SD Negeri Mulyorejo I Kecamatan Mulyorejo Kota Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
Desi Maulia S.pdf

Download (535kB)
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-saridesima-2519-fkm173_-6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mi instan adalah makanan praktis dan populer yang digemari berbagai kalangan bahkan anak-anak sekolah. Mi instan mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga memungkinkan sebagai alternatif pengganti nasi. Masa sekolah adalah masa pertumbuhan, saat anak memiliki aktivitas yang lebih banyak Konsumsi untuk anak sekolah tidak cukup jika hanya dipenuhi dengan mi instan saja. Ibu sebagai penentu menu di rumah seharusnya memiliki pengetahuan yang memadai tentang zat gizi dan makanan. Penelitian ini bertujuan mempelajari hubungan pengetahuan gizi ibu dengan pola penyajian mi instan menurut konsumsi dengan status gizi anak sekolah. Penelitian ini adalah penelitian observasi analitik dengan disain cross sectional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SD Negeri Mulyorejo I Surabaya. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 4 dan 5 dengan jumlah 52 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu (42,31%) memiliki tingkat pengetahuan kurang. Pola penyajian mi instan dalam keluarga baik, hampir seluruh responden (96,15%) menambahkan bahan makanan lain pada penyajian mi instan. Anak sekolah biasa mengkonsumsi mi instan 2 (30,77%) dan 3 kali (28,85) dalam seminggu. Tingkat konsumsi energi dan protein sebagian besar 53,84% dan 55,77% buruk namun status gizi sebagian besar (76,92%) normal. Hasil uji Korelasi Spearman dengan α = 0,05 menunjukkan tidak adanya hubungan pengetahuan gizi ibu dengan pola penyajian mi instan. Disarankan meningkatkan pengetahuan ibu dengan mengadakan penyuluhan tentang gizi dan zat makanan. Penambahan makanan lain pada mi instan hendaknya lebih bervariasi. Perlu diadakan progran Pemberian Makanan Tambahan (PMT) bagi anak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 173/06 Sar h
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, pola penyajian, konsumsi, status gizi, knowledge, the preparation, consumption, nutrition's status
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DESI MAULIA SARI, 100210964UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAnnis Catur Adi, Ir., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 10 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 22:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22164
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item