HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN PERSEPSI MENGENAI PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI SEJAK DINI ( Studi Di SD Kemala Bhayangkari I Surabaya)

CATUR DWI CAHYONO, 109910666 (2006) HUBUNGAN KARAKTERISTIK DAN PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN PERSEPSI MENGENAI PENDIDIKAN KESEHATAN REPRODUKSI SEJAK DINI ( Studi Di SD Kemala Bhayangkari I Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-cahyonocat-2521-fkm171-k.pdf

Download (313kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-cahyonocat-2521-fkm171_-6.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini arus informasi yang tidak benar dan buruk mengenai kesehatan reproduksi semakin meningkat. Penyalahgunaan informasi mengenai kesehatan reproduksi dapat memicu perilaku seksual yang tidak sehat dan tidak bertanggung jawab di kalangan remaja yaitu seks bebas. Untuk itu perlu dilakukan pendidikan mengenai kesehatan reproduksi sejak dini kepada anak - anak sebelum menginjak remaja. Penelitian ini dilakukan di SD Kemala Bhayangkari I Surabaya dengan jumlah sampel 77 orang tua siswa (ibu). Penelitian ini merupakan penelitian "Cross Sectional" untuk melihat hubungan variabel karakteristik dan pengetahuan dengan persepsi orang tua mengenai pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini digunakan uji Chi Square dilanjutkan dengan uji asosiasi koefisien kontingensi dengan derajat kemaknaan (α) = 0.05 %. Hasil dari penelitian ini diperoleh gambaran bahwa persepsi orang tua mengenai pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini tidak berhubungan secara signifikan dengan karateristik responden (umur, pendidikan, status perkawinan, pekerjaan dan pendapatan keluarga) dan pengetahuan responden ( p > 0.05 ). Dari hasil penelitian disarankan agar pendidikan mengenai kesehatan reproduksi pada usia anak - anak sampai dewasa perlu ditingkatkan dengan baik dan perlu penelitian lain yang berhubungan dengan persepsi orang tua mengenai pendidikan kesehatan reproduksi sejak dini. Translation:

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.171/06 Cah h
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Pengetahuan, Persepsi, characteurisitic, Knowledge, Perception.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Biostatistika dan Kependudukan
Creators:
CreatorsNIM
CATUR DWI CAHYONO, 109910666UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHari Basuki Notobroto, Dr., dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 10 Oct 2006 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 03:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22166
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item