KARAKTERISTIK IBU YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DINI PADA BAYI UMUR 0-6 BULAN (Studi Kasus di Puskesmas Sembung kecamatan Kota Kabupaten Tulungagung)

RENY KIRANA, 100431303 (2006) KARAKTERISTIK IBU YANG MEMPENGARUHI PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DINI PADA BAYI UMUR 0-6 BULAN (Studi Kasus di Puskesmas Sembung kecamatan Kota Kabupaten Tulungagung). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-kiranareny-2482-fkm890-k.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-kiranareny-2482-fkm89_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik bagi bayi, tetapi pada kenyataannya masih banyak ibu yang memberikan makanan lain selain ASI sebelum umur bayi mencukupi untuk menerima makanan lain. Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) yang terlalu dini pada bayi dapat berdampak buruk, bagi bayi dan ibu. Pemberian MP-ASI yang terlalu dini dapat dipengaruhi oleh karakteristik ibu, baik karakteristik internal maupun eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor karakteristik ibu yang mempengaruhi pemberian MP ASI dini pada bayi umur 0 – 6 bulan. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional dengan sampel berjumlah 44 ibu bayi umur dibawah 6 bulan dari 8 posyandu di 4 kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Sembung. Variabel bebas penelitian adalah tingkat pendidikan, status pekerjaan, kondisi fisiologis, kondisi psikologis, tingkat pengetahuan tentang ASI Eksklusif/MP-ASI, informasi dan promosi tentang ASI Eksklusif/MP ASI yang diterima, dan kondisi sosial budaya. Sementara variabel tergantung penelitian adalah pemberian MP-ASI terlalu dini pada bayi umur 0 – 6 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 56,80% responden memberikan MP-ASI terlalu dini pada bayi dan 43,20% responden tidak memberikan MP-ASI terlalu dini pada bayi umur 0 – 6 bulan. Sebesar 86,40% responden masih memberikan ASI kepada bayinya, 50% diantaranya diselingi dengan makanan lain dan sebesar 13,60% responden sudah tidak memberikan ASI kepada bayinya. Pengujian pengaruh antar variabel dengan menggunakan Regresi Logistik dengan α = 0,05 menunjukkan bahwa ada pengaruh karakteristik ibu terhadap pemberian MP-ASI terlalu dini pada bayi umur 0 – 6 bulan. Karakteristik ibu yang dapat mempengaruhi pemberian MP-ASI terlalu dini pada bayi 0 – 6 bulan adalah kodisi fisiologis dan kondisi sosial budaya, sedangkan karakteristik ibu yang tidak mempengaruhi adalah tingkat pendidikan, status pekerjaan, kondisi psikologis, tingkat pengetahuan tentang ASI Eksklusif/MP-ASI, informasi dan promosi tentang ASI Eksklusif/MP-ASI yang diterima. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah sebesar 56,80% responden memberikan MP-ASI terlalu dini pada bayi umur 0 – 6 bulan dan faktor-faktor karakteristik ibu yang mempengaruhi pemberian MP-ASI terlalu dini pada bayi umur 0 – 6 bulan adalah kondisi fisiologis dan kondisi sosial budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 89/06 Kir k
Uncontrolled Keywords: Early weaning food breast milk, physiological condition, social culture
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ251-325 Newborn infants Including physiology, care, treatment, diseases
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
RENY KIRANA, 100431303UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSri Sumarmi, S.KM., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 09 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 23:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22182
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item