HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT TB PARU DENGAN TINDAKAN PENCEGAHAN PENULARAN PADA KELUARGA PENDERITATB PARU (Studi pada keluarga penderita TB paru di Wilayah kerja Puskesmas Ponorogo Utara Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo)

EKA WAHYUDI, 100431309 (2006) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT TB PARU DENGAN TINDAKAN PENCEGAHAN PENULARAN PADA KELUARGA PENDERITATB PARU (Studi pada keluarga penderita TB paru di Wilayah kerja Puskesmas Ponorogo Utara Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-wahyudieka-2484-fkm870-k.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-wahyudieka-2484-fkm87_06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit Tuberkulosis (TB) saat ini merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang utama diseluruh dunia. Penyakit ini ditularkan orang ke orang oleh transmisi melalui udara yang tercemar oleh bakteri Tuberkulosis. Apabila salah satu anggota keluarga terkena penyakit TB paru akan berpengaruh terhadap anggota keluarga yang lain, oleh karena itu untuk mewujudkan keluarga yang sehat terhindar dari resiko penularan, maka harus ditunjang dengan pengetahuan tentang TB Paru. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan antara pengetahuan tentang TB paru dengan tindakan pencegahan penularan pada keluarga penderita TB Paru di Wilayah Kerja Puskesmas Ponorogo Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel adalah Anggota keluarga penderita TB Paru yang tercatat di Wilayah Kerja Puskesmas Ponorogo Utara sebanyak 70 orang dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Untuk mengetahui adanya hubungan antara variabel digunakan uji statistik chi square. Hasil penelitian menunjukkan 40 % responden berumur 41 — 60 tahun, 62,9% pendidikan responden adalah SMA, (58,57 %) responden mempunyai hubungan penderita dalam keluarga sebagai ayah penderita. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa hubungan antara pengetahuan dengan tindakan pencegahan penularan diperoleh nilai X2=4,970 nilai p=0,026 dengan tingkat kemaknaan a = 0,05 sehingga p< a berarti ada hubungan antara pengetahuan tentang penyakit TB Paru dengan tindakan pencegahan penularan pada keluarga penderita TB Paru di wilayah kerja Puskesmas Ponorogo Utara. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengetahuan tentang penyakit TB Paru berhubungan dengan tindakan pencegahan penularan penyakit TB Paru Oleh karena itu peran keluarga untuk menambah atau meningkatkan pengetahuan tentang penyakit TB Pam mempunyai peran penting supaya resiko terjadi penularan dapat diminimalkan dan pada akhirnya menurunkan angka kejadian penyakit TB Paru, dan disarankan meningkatkan pengetahuan dan motivasi dengan mengikuti penyuluhan sehingga dapat menambah informasi ataupun pengetahuan tentang penyakit TB Paru dan tindakan pencegahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 87/06 Wah h
Uncontrolled Keywords: knowledge , practice, lung tuberculosis
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
R Medicine > RC Internal medicine > RC705-779 Diseases of the respiratory system
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsEmail
EKA WAHYUDI, 100431309UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorFariani Syahrul, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 09 Oct 2006 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 04:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22184
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item