ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA COST RECOVERY RATE (CRR)(Studi Kasus di Rumah sakit anak Dan Bersalin Sitti'Aisyah Surabaya)

EKA WILDA FAIDA, 100431585 (2006) ANALISIS FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA COST RECOVERY RATE (CRR)(Studi Kasus di Rumah sakit anak Dan Bersalin Sitti'Aisyah Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-faidaekawi-2491-fkm910-k.pdf

Download (338kB)
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-faidaekawi-2491-fkm91_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Cost Recovery Rate (CRR) adalah salah satu indikator efisiensi dengan mengukur tingkat kemampuan menutup biaya dalam periode waktu tertentu. Ketidak efisiensian biaya Rumah Sakit Anak Dan Bersalin Sitti `Aisyah Surabaya dapat diketahui berturut-turut tahun 2003 dan tahun 2004. Dimana pendapatan lebih kecil dibandingkan dengan tingkat biaya yang dikeluarkan. Sehingga berdampak pada rendahnya tingkat CRR. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan analisis faktor penyebab rendahnya CRR dengan menggunakan metode double distribution. Metode ini dapat mendistribusikan biaya keseluruhan yang ada di pusat biaya penunjang yang terdiri dari kantor, dapur, dan laundry ke pusat biaya produksi yang terdiri dari rawat jalan, rawat inap ibu dan anak kelas I,II,III dan TPA. Rancangan penelitian ini berupa penelitian observasional diskriptif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menganalisis data sekunder RSAB Sitti `Aisyah Surabaya sehingga tidak menggunakan populasi dan sampel. Sasaran penelitian ini adalah total biaya, total pendapatan dan output baik aktual maupun normatif. Analisis faktor penyebab rendahnya CRR adalah dengan cara membandingkan hasil penghitungan berdasarkan metode double distribution tersebut dengan standar normatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa faktor penyebab rendahnya CRR dimana pada faktor biaya terdapat pada biaya operasional yang meliputi biaya pegawai, transportasi, bahan habis pakai non medis dan listrik telepon air. Sedangkan pada faktor pendapatan terdapat pada tarif rawat jalan, rawat inap ibu kelas I,II,III, rawat inap anak kelas III dan pada output rawat jalan, rawat inap ibu kelas I,II,III, rawat inap anak kelas III dan TPA. Saran kepada pihak RSAB Sitti `Aisyah agar meningkatkan utilitas (fungsi pelayanan) melalui berbagai strategi pemasaran agar dengan semakin banyaknya tingkat utilitas rumah sakit diharapkan dapat meningkatkan pendapatannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 91/06 Fai a
Uncontrolled Keywords: Cost Recovery Rate, Double Distribution Methode
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
EKA WILDA FAIDA, 100431585UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorThinni Nurul R, Dra.Ec., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 09 Oct 2006 12:00
Last Modified: 06 Jul 2017 23:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22190
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item