HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG MATA DENGAN KELUHAN PADA MATA (Penelitian ini dilakukan pada tenaga kerja bagian produksi PT.ALIM AMPUHJAYA STEEL jl.Letjen Sutoyo,Medaeng, Sidoarjo)

MOH. HUDAN NASRULLOH, 100211010 (2008) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU PEMAKAIAN ALAT PELINDUNG MATA DENGAN KELUHAN PADA MATA (Penelitian ini dilakukan pada tenaga kerja bagian produksi PT.ALIM AMPUHJAYA STEEL jl.Letjen Sutoyo,Medaeng, Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-nasrullohm-2549-fkm146-k.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-nasrullohm-2549-fkm146_-6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu industri yang berkembang adalah industri di bidang pengerjaan baja, dimana salah satu unit kerjanya adalah pengelasan. Dalam proses produksi yang dilakukan biasanya menghasilkan sisa produksi yang dapat menyebabkan gangguan terhadap pekerja di bagian tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mempelajari hubungan antara pengetahuan, sikap, dan perilaku pemakaian alat pelindung mata (APM) dengan keluhan mata pekerja bagian pengelasan di PT. ALIM AMPUHJAYA STEEL dengan mempelajari predisposing factor, enabling factor, reinforcing factor, perilaku pemakaian, keluhan pada mata, mempelajari hubungan pengetahuan, sikap, dan perilaku pemakaian APM dan keluhan pada mata. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Analisis data dilakukan secara analitik. Sampel penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian pengelasan yang berjumlah 41 orang. Analisis data dilakukan dengan korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik responden untuk umur didominasi usia 21-30 tahun, pendidikan terakhir terbanyak lulusan SMA, lama kerja perhari terbanyak > 4 jam, masa kerja terbanyak antara 21-30 tahun. Pengetahuan tergolong baik, sikap responden terhadap APM tergolong kurang, APM di bagian pengelasan sudah tersedia tetapi banyak yang tidak dirawat. Ada penggantian dan tempat penyimpaan APM. Pengawasan serta reward and punishment dilakukan kadang-kadang dan diklat sudah ada di bagian pengelasan. Perilaku pemakaian APM masih buruk. Kebanyakan tingkat keluhan tergolong sedang dengan jenis keluhan terbanyak. Tidak ada hubungan antara pengetahuan dan keluhan pada mata. Ada hubungan antara sikap dan perilaku pemakaian APM dengan keluhan pada mata. Para pekerja di bagian pengelasan hendaknya mau menyimpan APM di tempat yang bersih dan aman yang telah disediakan. Pengawasan dan penerapan reward and punishment harusnya lebih ditingkatkan lagi serta dilakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk mengetahui kondisi kesehatan pekerja. Penggunaan APM harus disesuaikan dengan jenis pekerjaannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 146/06 Nas h
Uncontrolled Keywords: INDUSTRIAL SAFETY
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
MOH. HUDAN NASRULLOH, 100211010UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTria Martiana, Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 12 Oct 2006 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 18:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22197
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item