UPAYA PENINGKATAN KINERJA PERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT BERDASARKAN HASIL ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM (Studi di Puskesmas Mantrijeron Kota Yogyakarta)

ENI ARIANI, 100431343 (2006) UPAYA PENINGKATAN KINERJA PERAWATAN KESEHATAN MASYARAKAT BERDASARKAN HASIL ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM (Studi di Puskesmas Mantrijeron Kota Yogyakarta). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-arianieni-2550-fkm145-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-arianieni-2550-fkm145_-6.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan dasar yang dilaksanakan oleh Puskesmas. Perkesmas dilakukan dengan penekanan pada upaya pelayanan kesehatan dasar atau Public health care (PHC). Untuk mengupayakan terbinanya kesehatan masyarakat, maka 40 % keluarga rawan kesehatan memperoleh kunjungan rumah dan pembinaan kesehatan oleh tenaga kesehatan melalui kegiatan perkesmas. Di wilayah kerja Puskesmas Mantrijeron, pencapaian program perkesmas masih rendah dan cenderung turun dalam 3 tahun terakhir. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan program Perkesmas dan upaya peningkatan kinerja Perkesmas di Puskesmas Mantrijeron kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian study diskriptif dengan pendekatan cross sectional. Responden pada penelitian adalah petugas yang melaksanakan Perkesmas berjumlah 11 orang terdiri dari perawat, bidan, petugas gizi dan sanitarian. Variabel yang diteliti adalah kemampuan, motivasi, kepatuhan dan proses penyelenggaraan perkesmas. Hasil penelitian menunjukkan (1) 18,2% petugas memiliki kemampuan kurang, (2) 27,3 % petugas memiliki motivasi kurang, (3) tidak ada petugas yang tidak patuh, (4) 27,3 % petugas tidak melakukan perencanaan dengan baik, (5) 36,4 % petugas kurang baik dalam penggerakan pelaksanaan Perkesmas, (6) 18,2 % petugas kurang baik dalam pengawasan, pengendalian dan penilaian Perkesmas. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah kemampuan petugas belum memadai, motivasi petugas masih rendah dan proses penyelenggaraan perkesmas belum berjalan dengan baik, sehingga cakupan hasil kegiatan perkesmas menunjukkan kinerja yang kurang. Oleh karena itu diperlukan peningkatan kemampuan dan motivasi petugas melalui (1) Pendidikan dan pelatihan lebih intensif dan berkesinambungan, (2) Penyesuaian tugas pokok dan fungsi petugas. Memberikan dukungan, perhatian, penghargaan atau pengakuan pada petugas. Memperbaiki hubungan kerja dan lingkungan kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 145/06 Ari u
Uncontrolled Keywords: PHN, The organizer characteristic, The programme performance
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ENI ARIANI, 100431343UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNyoman Anita D, Dr., drg., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 12 Oct 2006 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22198
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item