FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PENDERITA TERHADAP PENGOBATAN TUBERKULOSIS PARU (Studi Kasus Di Puskesmas Came Kabupaten Gresik)

FARIDAH ROKHMAH, - (2008) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN PENDERITA TERHADAP PENGOBATAN TUBERKULOSIS PARU (Studi Kasus Di Puskesmas Came Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-rokhmahfar-7358-fkm870-k.pdf

Download (348kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepatuhan pengobatan pada penderita tuberkulosis pare merupakan hal yang sangat penting dalam hal penyembuhan, banyak pengaruh yang berhubungan dengan angka kesembuhan penyakit tuberkulosis pare, baik dari segi pelayanan petugas kesehatan masyarakat dan lingkungannya. Penelitian ini bertujuan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi penderita terhadap pengobatan tuberkulosis para. Penelitian ini merupakan penelitian analitik yang dilakukan di Puskesmas Cerme Kabupaten Gresik. Populasi penelitian ini adalah seluruh penderita tuberkulosis pare yang ada di Kabupaten Gresik tahun 2006. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Total sampel yang diambil adalah sebanyak 50 penderita tuberkulosis paru. Hasil penelitian dengan menggunakan uji regresi logistik menunjukkan bahwa faktor yang berpengaruh terhadap kepatuhan pengobatan penderita tuberkulosis paru adalah umur (sig = 0,751) jenis kelamin (sig = 0,511), pendidikan (sig = 1,000) pekerjaan (sig = 0,168) status perkawinan (sig = 0,984) , efek samping (sig = 0,753) faktor lingkungan keluarga (sig = 0,149) akses ke pelayanan (sig = 0,823) pengetahuan (sig = 0,030). Dapat disimpulkan bahwa hanya pengetahuan yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan pengobatan tuberkulosis paru. Diharapkan tempat pelayanan kesehatan lebih meningkatkan pengetahuan penderita dan PMO melalui suatu komunikasi, informasi dan edukasi atau penyuluhan tentang tuberkulosis paru dan program pengobatannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 87/07 Rok f ( FILE FULLTEXT TIDAK TERSEDIA )
Uncontrolled Keywords: Compliance of Medication of lung tuberculosis
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
FARIDAH ROKHMAH, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorChatarina U.W, Dr., dr., M.S., M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 24 Jun 2008 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 04:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22202
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item