UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN BERDASARKAN ANALISIS NEED DAN DEMAND MASYARAKAT DI PUSKESMAS TAMAN KABUPATEN SIDOARJO

ZENNIDAR AULIA NASHIRA, 100311116 (2007) UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN RAWAT JALAN BERDASARKAN ANALISIS NEED DAN DEMAND MASYARAKAT DI PUSKESMAS TAMAN KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Zennidar Aulia N.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-nashirazen-8622-fkm137-7.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebutuhan individu untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan dipengaruhi secara langsung oleh persepsi konsumen terhadap provider. Kebutuhan yang tidak terealisasikan dalam permintaan menyebabkan ketidakpuasan pelanggan, sehingga dapat menyebabkan penurunan jumlah kunjungan. Penurunan jumlah kunjungan di Puskesmas Taman, Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2004-2005 sebesar 76,5%. Penelitian ini dilaksanakan untuk menyusun upaya peningkatan berdasarkan analisis kebutuhan (need) dan permintaan (demand) masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Taman, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dilakukan pada bulan Mei 2007. Penelitian ini bersifat cross sectional dengan jumlah responden 100 masyarakat dari 8 kelurahan yang berada di wilayah kerja Puskesmas Taman, Kabupaten Sidoarjo. Metode sampling yang digunakan adalah Non Random Sampling. Jenis teknik yang digunakan adalah Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar responden di Kecamatan Taman berusia antara 18 – 40 tahun, dengan jenis kelamin terbanyak yaitu perempuan. Tingkat pendidikan responder yang paling banyak tamat SMA dan tingkat pendapatan masyarakat rendah (< Rp 650.000). Referensi terbesar dari masyarakat yaitu keluarga dan persepsi responden tentang pengertian sehat sesuai dengan normatif. Sedangkan persepsi responden terhadap mutu pelayanan Puskesmas Taman sudah baik dengan pelayanan kesehatan yang paling sering dikunjungi oleh responden selama 1 tahun terakhir adalah Puskesmas. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan antara lain: (1) mengatur jadwal dokter umum; (2) bekerjasama dengan dokter spesialis anak dan penyakit dalam; (3) membenahi SOP untuk alur pelayanan; (4) mengajukan sarana transportasi ke Dinas Perhubungan untuk kelurahan yang letaknya agak jauh dari puskesmas, dan 5) membentuk forum pelayanan publik dengan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 137/07 Nas u
Uncontrolled Keywords: need, demand, health service, Public Health Center
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ZENNIDAR AULIA NASHIRA, 100311116UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorThinni Nurul R, Dr., Dra.Ec., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 28 Jan 2009 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 16:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22206
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item