HUBUNGAN ANTARA MAKAN SIRIH PINANG DAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEJADIAN GINGIVITIS (Studi di Kelurahan Eban Keeamatan Miomaffo Barat Kabupaten Timor Tengah Utara Propinsi Nusa Tenggara Timur)

AGUSTINA NESI, 100311234 (2007) HUBUNGAN ANTARA MAKAN SIRIH PINANG DAN KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEJADIAN GINGIVITIS (Studi di Kelurahan Eban Keeamatan Miomaffo Barat Kabupaten Timor Tengah Utara Propinsi Nusa Tenggara Timur). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-nesiagusti-8580-fkm138-k.pdf

Download (493kB)
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-nesiagusti-8624-fkm138-7.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian kesatuan dari kesehatan secara keseluruhan. Di Indonesia kesehatan gigi dan mulut masyarakatnya masih jauh dari harapan. Banyak faktor penyebab timbulnya penyakit gigi dan mulut, diantaranya adalah pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan kebersihan gigi dan mulut yang masih kurang. Tujuan penelitian ini mengetahui kejadian gingivitis dengan makan sirih pinang dan kebersihan gigi dan mulut. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kebersihan gigi dan mulut. Penelitian ini merupakan penelitian analitik menurut waktunya termasuk penelitian cross sectional. Besar sampel 78 orang. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara langsung menggunakan kuesioner dan pemeriksaan gusi. Data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas terhadap variabel tidak bebas digunakan uji chi-kuadrat dengan α=0.05 Hasil penelitian dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara kejadian gingivitis dengan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada p< 0.05 ; ada hubungan antara kejadian gingivitis dengan makan sirih pinang pads p<0.05; ada hubungan antara kejadian gingivitis dengan frekuensi makan sirih pinang pada p<0.05; ada hubungan antara kejadian gingivitis dengan frekuensi menggosok gigi pada p<0.05; ada hubungan antara kejadian gingivitis dengan waktu menggosok gigi pada p<0.05. Saran untuk penelitian ini adalah meningkatkan penyuluhan tentang pentingnya kebersihan gigi dan mulut, memperhatikan kebersihan gigi dan mulut sesudah makan sirih pinang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 138/07 Nes h
Uncontrolled Keywords: Gingivitis Risk, Sari Pinang Food and tooth and mouth cleaning
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
AGUSTINA NESI, 100311234UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorLucia Y Hendrati, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 28 Jan 2009 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 16:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22207
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item