EQUITY PEMANFAATAN PELAYANAN ANTENATAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MEDOKAN AYU KOTA SURABAYA

Titis Widya Kristy, 100810361 (2012) EQUITY PEMANFAATAN PELAYANAN ANTENATAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MEDOKAN AYU KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-kristytiti-22084-6.abstr-t.pdf

Download (210kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2013-kristytiti-22084-FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemanfataan pelayanan antenatal di Puskesmas Medokan Ayu (K1-K4)selama empat tahun terakhir (2008 s.d. 2011) belum bisa memenuhi standar pelayanan antenatal di Kota Surabaya serta terjadi penurunan jumlah kunjungan dari K1 ke K4 yang lebih dari 5%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui equity pemanfaatan pelayanan antenatal di wilayah kerja Puskesmas Medokan Ayu yang kemungkinan menjadi penyebab turunnya kunjungan dari K1 ke K4. Penelitian dilakukan dengan mengukur variabel pada suatu saat tertentu. Subjek ditarik dari populasi dengan cara cluster random sampling dan didapatkan 88 ibu sebagai sampel penelitian. Variabel bebas penelitian adalah karakteristik dan faktor lingkungan ibu hamil. Variabel terikatnya adalah equity pemanfaatan pelayanan antenatal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan pemanfaatan pelayanan antenatal (K1-K4, 5T, dan 7T) berdasarkan perbedaan karakteristik ibu hamil yang meliputi usia, jenis pekerjaan, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, mobilitas tempat tinggal dan aset, serta perbedaan akses geografi dan dukungan keluarga ibu hamil (nilai vertical equity berbeda-beda). Namun perbedaan nilai vertical equity tersebut tidak menyebabkan disparitas pada pemanfaatan pelayanan antenatal berdasarkan perbedaan kelompok ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Medokan Ayu Kota Surabaya. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah tidak adanya disparitas pemanfaatan pelayanan antenatal berdasarkan perbedaaan kelompok ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Medokan Ayu Kota Surabaya (Equity).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 155/ 12 Kri e
Uncontrolled Keywords: equity, utilization of antenatal care, pregnant women
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Titis Widya Kristy, 100810361UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 02 Jan 2013 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 07:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22222
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item