UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN BERDASARKAN PENILAIAN DAN HARAPAN PASIEN DI LABORATORIUM PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENGOBATAN OBAT TRADISIONAL (Studi di Laboratorium Puslitbang Sistem dan Kebijakan Kesehatan)

IRA UMMU AIMANAH, 100531892 (2008) UPAYA PENINGKATAN KUNJUNGAN BERDASARKAN PENILAIAN DAN HARAPAN PASIEN DI LABORATORIUM PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PENGOBATAN OBAT TRADISIONAL (Studi di Laboratorium Puslitbang Sistem dan Kebijakan Kesehatan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
Ira ummu Aimanah.pdf

Download (1MB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-aimanahira-10529-fkm1109.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengobatan tradisional dan kedokteran komplementer atau alternatif merupakan salah satu cara pengobatan dan atau perawatan yang berkembang saat ini dan pemanfaatannya dalam masyarakat semakin meningkat. Laboratorium Litbang Pelayanan Pengobatan dan Obat Tradisional (LP4OT) merupakan klinik pengobatan tradisional milik Puslitbang Sisjakkes. Data kunjungan LP4OT menunjukkan terjadi penurunan dari tahun 2003 sampai 2007 dengan rata-rata penurunan 19,6% per tahun. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis harapan dan penilaian pasien terhadap unsur pemasaran 7P dalam upaya peningkatan jumlah kunjungan di LP4OT. Berdasarkan metodologi riset pemasaran, penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif, tekhnik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sampel penelitian ini adalah pasien LP4OT sejumlah 49 orang pada bulan Mei sampai Juni 2008. Variabel yang diteliti adalah karakteristik pasien, penilaian dan harapan pasien tentang unsur pemasaran 7P (product, price, place, people, process, promotion, physical evidence), dan kendala pelaksanaan unsur pemasaran 7P. Karakteristik responden didapatkan bahwa 63,3% responden termasuk usia pertengahan (41-60 tahun), 55,1% perempuan, 32,7% berpendidikan terakhir sekolah menengah, 34,7% pensiunan, dan 42,9% golongan ekonomi menengah. Hasil penelitian didapatkan hasil : penilaian variabel product tidak lengkap, responden mengharapkan penambahan produk. Penilaian variabel price, tarif murah dan prosedur pembayaran mudah, responden mengharapkan pemisahan tarif pemeriksaan dan tarif obat. Penilaian variabel place, akses mudah, ruang tunggu, ruang periksa, dan griya obat tradisional dinilai tidak nyaman, responden mengharapkan penambahan fasilitas. Penilaian variabel people, jumlah tenaga dokter dan apoteker tidak memenuhi sehingga perlu ditambah tenaga atau pengaturan jadwal piket, ketrampilan sudah sesuai harapan responden. Penilaian variabel process, alur pelayanan mudah tetapi responden mengharapkan perlunya dibuat bagan alur pelayanan, untuk keramahan petugas sudah sesuai harapan responden. Penilaian variabel promotion, promosi tidak lengkap dan lebih banyak dari mulut ke mulut, harapan responden perlu adanya kelengkapan informasi pada media promosi. Penilaian variabel physical evidence, tampilan bangunan tidak menarik dan tempat parkir motor yang cukup baik tetapi responden mengharapkan adanya perluasan tempat parkir. Dari hasil penelitian diharapkan pihak manajemen LP4OT ataupun Puslitbang dapat mengambil langkah awal untuk meningkatkan pemanfaatan LP4OT sesuai harapan pasien dengan menambah produk pelayanan, membuat jadwal piket petugas medis, meningkatkan upaya promosi melalui mulut ke mulut, dan meningkatkan fasilitas LP4OT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 11 / 09 Aim u
Uncontrolled Keywords: pasien LP4OT, unsur pemasaran 7P, penilaian dan harapan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF511-593 Emotion, Feeling, Affection
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
IRA UMMU AIMANAH, 100531892UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita D, Dr.,drg., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 22 Feb 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 07:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22264
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item