ANALISIS DIMENSI MUTU PELAYANAN BERDASARKAN PENILAIAN DAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP Studi Pada Pasien Umum, Askes Dan Jamkesmas Di RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto

LINDA PRASETYANING WIDAYANTI, NIM. 100610149 (2010) ANALISIS DIMENSI MUTU PELAYANAN BERDASARKAN PENILAIAN DAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP Studi Pada Pasien Umum, Askes Dan Jamkesmas Di RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-widayantil-10847-fkm188-9.pdf

Download (230kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-widayantil-10847-fkm188-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Mutu pelayanan rumah sakit merupakan faktor yang mempengaruhi penilaian serta kepuasan pasien. Semakin rendah penilaian dan kepuasan pasien, semakin rendah mutu pelayanan rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dimensi mutu pelayanan berdasarkan penilaian dan kepuasan pasien umum, Askes dan Jamkesmas. Dimensi mutu pelayanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dimensi mutu Sower meliputi respect and caring, effectiveness and continuity, appropriateness, information, efficiency, meals, first impression, staff diversity. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan cross sectional, dengan total sampel berjumlah 60 orang yang diambil dari populasi pasien Instalasi Rawat Inap RSU Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto secara simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Regresi Linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dan kepuasan pasien rawat inap paling rendah pada dimensi mutu Efficiency. Pengujian dengan Regresi Linier menunjukkan terdapat pengaruh antara penilaian terhadap kepuasan pasien umum, Askes dan Jamkesmas (p<0,05) pada seluruh dimensi mutu dengan koefisien korelasi terbesar (r=0,925) pada dimensi mutu Appropiateness. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah penilaian dan kepuasan pasien masih rendah pada sebagian besar dimensi mutu pelayanan. Namun dimensi mutu Appropiateness memiliki peran yang paling besar dalam menentukan mutu pelayanan rumah sakit. Pada dimensi mutu Efficiency, hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penilaian dan kepuasan pasien antara lain dengan melakukan pengkajian ulang masalah biaya melalui cost control, cost production program, cost containment dan transparansi sistem biaya baik bagi pasien umum, Askes dan Jamkesmas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 188 / 09 Wid a
Uncontrolled Keywords: Sower’s dimenssion of quality, assessment, satisfaction, inpatient care room patient, public, askes, jamkesmas
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA771-771.7 Rural health and hygiene. Rural health services
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
LINDA PRASETYANING WIDAYANTI, NIM. 100610149UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorStefanus Supriyanto, Prof.Dr., dr.,M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 01 Jul 2010 12:00
Last Modified: 01 Oct 2016 02:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22287
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item