PENGARUH LOYALITAS NASABAH PERBANKAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA

SARI ERAWATI, 040337683 (2009) PENGARUH LOYALITAS NASABAH PERBANKAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PENGARUH LOYALITAS NASABAH PERBANKAN TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PERBANKAN DI INDONESIA - gdlhub-gdl-s1-2009-erawatisar-10254-b249-8.pdf

Download (418kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-erawatisar-10254-b249-8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan perbankan yang semakin ketat telah merubah karakter nasabah dari yang sebelumnya menciptakan kepuasan nasabah dikatakan ekuivalen dengan loyalitas nasabah, tetapi sekarang kepuasan nasabah hanya sebagai tahap yang harus dipenuhi untuk menciptakan loyalitas nasabah. Loyalitas nasabah dibagi menjadi lima dimensi, antara lain : dimensi transaction, relationship, partnership, ownership, dan overall loyalty. Dimensi loyalitas tersebut memiliki karakterisik nasabah yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya begitu juga dengan pengaruhnya terhadap profitabilitas perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui loyalitas nasabah dalam dimensi mana yang akan memberikan pengaruh terhadap profitabilitas perbankan. Penelitian dilakukan melalui Indonesian Bank Loyalty Index ( IBLI ) dan Indonesian Sharia Bank Loyalty Index ( ISBLI ) pada 10 besar bank yang menempati peringkat IBLI dan ISBLI dalam tiga periode (tiga tahun). Variabel pengukuran loyalitas menggunakan indek transaction, relationship, partnership, ownership, dan overall loyalty, sedangkan variabel profitabilitas diukur menggunakan persentase laba rugi bank yang termasuk dalam IBLI dan ISBLI. Metode analisis yang dipakai adalah regresi linier berganda. Uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F. Hasil pembuktian hipotesis secara parsial produk tabungan loyalitas dalam dimensi transaction, partnership, ownership dan overall loyalty yang memberikan pengaruh terhadap profitabilitas perbankan, produk kartu kredit loyalitas dalam dimensi relationship, partnership, dan overall loyalty yang memberikan pengaruh terhadap profitabilitas perbankan, sedangkan tabungan syariah loyalitas dalam dimensi relationship, partnership, ownership, dan overall loyalty yang memberikan pengaruh terhadap profitabilitas perbankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 249 / 08 Era p
Uncontrolled Keywords: BANKS AND BANKING � CUSTOMER SERVICES; BANK MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
SARI ERAWATI, 040337683UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDJONI BUDIARDJO, Dr., SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 01 Oct 2009 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 02:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2230
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item