ANALISIS PENILAIAN DAN HARAPAN PASIEN TERHADAP ASPEK BAURAN PEMASARAN 8P PELAYANAN SORE PUSKESMAS JAGIR KOTA SURABAYA BERDASARKAN MODIFIKASI CUSTOMER WINDOW

KURNIA RAMADHANI, 100511715 (2010) ANALISIS PENILAIAN DAN HARAPAN PASIEN TERHADAP ASPEK BAURAN PEMASARAN 8P PELAYANAN SORE PUSKESMAS JAGIR KOTA SURABAYA BERDASARKAN MODIFIKASI CUSTOMER WINDOW. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-ramadhanik-10979-fkm160-9.pdf

Download (781kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-ramadhanik-10979-fkm160-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jumlah pasien bayar (bukan dari asuransi) pelayanan sore di Puskesmas Jagir tidak memenuhi target selama tiga tahun berturut-turut yaitu 2006, 2007, dan 2008. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penilaian dan harapan pasien terhadap aspek bauran pemasaran 8P pelayanan sore dan penilaian pasien terhadap aspek bauran pemasaran 8P pelayanan pagi. Penelitian ini bersifat deskrptif dengan menggunakan rancangan cross sectional. Data didapatkan dengan mewawancarai 55 pasien menggunakan kuesioner yang selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan modifikasi customer window. Dari hasil penelitian ini diketahui sebagian besar pernyataan dari aspek bauran pemasaran 8P menempati kuadran attention (attention 1, 2, dan 3) yaitu kegiatan promosi; peralatan kedokteran; pelaksanaan proses pelayanan oleh dokter, dokter gigi, perawat, dan petugas loket; pelayanan keluhan pasien; dan pemberian informasi dan rincian tarif oleh semua tenaga di Puskesmas. Sebagian besar aspek menempati kuadran attention, yaitu promotion, people, process, physical evidence, dan providing customer service. Sedangkan secara keseluruhan, aspek bauran pemasaran 8P menempati kuadran attention 3. Saran dari hasil penelitian ini yaitu pernyataan yang perlu mendapat prioritas penanganan yaitu pernyataan yang menempati kuadran attention 1, lalu attention 2, dan selanjutnya attention 3. Pihak puskesmas sebaiknya berusaha memenuhi harapan yang terdapat pada pernyataan yang menempati kuadran attention. Pernyatan yang menempati kuadran bravo, karena sudah baik maka perlu dipertahankan atau ditingkatkan. Pernyataan yang menempati kuadran cut or communicate sebaiknya ditiadakan dan apabila tidak memungkinkan, maka dikomunikasikan kepada pasien. Pernyataan yang menempati kuadran don’t worry be happy untuk saat ini tidak perlu mendapat perhatian, tapi tetap harus diwaspadai karena ketika pasien menjadi menginginkan hal tersebut, maka pernyataan bergeser ke kuadran attention.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 160 / 09 Ram a
Uncontrolled Keywords: Puskesmas afternoon service, 8P marketing mix, Customer Window modification
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
KURNIA RAMADHANI, 100511715UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorErnawaty, drg., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 14 Jul 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 11:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22304
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item