PERBEDAAN BODY IMAGE, STATUS GIZI DAN KEJADIAN MENARCHE PADA REMAJA PUTRI PEDESAAN DAN PERKOTAAN

RATRI GUMILAR ADJI BOESONO, 100511709 (2009) PERBEDAAN BODY IMAGE, STATUS GIZI DAN KEJADIAN MENARCHE PADA REMAJA PUTRI PEDESAAN DAN PERKOTAAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-boesonorat-12590-fkm140-k.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-boesonorat-11054-fkm140-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Remaja merupakan penerus bangsa, diperlukan peningkatan taraf kesehatannya agar perkembangannya dapat berlangsung optimal. Kegagalan mengonsumsi nutrisi yang cukup pada masa ini akan mengakibatkan kematangan seksual terlambat dan pertumbuhan mengalami perlambatan atau terhenti. Pada remaja putri kematangan seksual ditunjukkan dengan mengalami menarche. Perbedaan lokasi antara pedesaan dan perkotaan akan mempengaruhi kejadian menarche pada remaja putri. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan adanya perbedaan kejadian menarche, status gizi dan body image pada remaja putri pedesaan dan perkotaan. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah siswi SMP kelas 1 sebanyak 200 siswi, sedangkan untuk sampling diambil 65 siswi secara simple random sampling. Data yang dikumpulkan adalah status gizi dengan metode BMI for ages dan data lain seperti karakteristik remaja putri, kejadian menarche, body image dan pola konsumsi dikumpulkan menggunakan kuesioner. Perbedaan antara remaja putri pedesaan dan perkotaan dianalisis dengan Chi-Square Test dan Mann-Whitney Test. Hasil penelitian menunjukkan terdapat adanya perbedaan kejadian menarche p=0,001. Sebaliknya tidak terdapat perbedaan status gizi p=0,665 dan body image p=0,236 remaja putri pedesaan dan perkotaan. Kejadian menarche lebih banyak terjadi pada remaja putri perkotaan daripada remaja putri pedesaan. Karakteristik responden pedesaan dan perkotaan yang memiliki perbedaan adalah status sosial ekonomi, uang jajan responden dan tingkat pengetahuan gizi responden. Selain itu, terdapat adanya perbedaan kejadian menarche pada responden pedesaan dan perkotaan. Diperlukan penyuluhan kepada remaja putri dan keluarganya yang meliputi pengetahuan gizi, reproduksi dan kesehatan sehingga pola konsumsi remaja putri dapat memenuhi kebutuhan gizinya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 140 / 09 Boe p
Uncontrolled Keywords: menarche, status of nutrient, body image, adolescent girls
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
RATRI GUMILAR ADJI BOESONO, 100511709UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Rahayu Nadhiroh, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 27 Jul 2010 12:00
Last Modified: 10 Oct 2016 05:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22338
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item