EVALUASI PENERAPAN HIGIENE SANITASI MAKANAN DI INSTALANSI GIZI RSUD SYARIFAH AMBAMI RATO EBU BANGKALAN MADURA

ENGGAR ROHANDINI, 100730317 (2009) EVALUASI PENERAPAN HIGIENE SANITASI MAKANAN DI INSTALANSI GIZI RSUD SYARIFAH AMBAMI RATO EBU BANGKALAN MADURA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-rohandinie-12611-fkm146-k.pdf

Download (309kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-rohandinie-11074-fkm146-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (910kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lingkungan Rumah Sakit merupakan tempat berkumpulnya berbagai penyakit selain itu pula makanan dapat mempengaruhi proses penyembuhan dan pemulihan kesehatan pasien sekaligus dapat menjadi sumber infeksi nosokomial. Tujuan penelitian ini adalah menilai penerapan higiene dan sanitasi makanan yang meliputi pengamanan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, penyimpanan makanan jadi, penyajian makanan dan pengangkutan makanan serta menghitung jumlah kuman E. Coli pada makanan jadi padat, menghitung angka kuman pada sampel usap alat makan dan menghitung jumlah MPN Coli pada air bersih di RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan Madura. Jenis penelitian yang digunakan adalah evaluatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Dengan menggunakan formulir penilaian higiene sanitasi Rumah Sakit dengan system pembobotan dan skoring. Untuk menunjang data dilakukan pemeriksaan bakteri E. Coli makanan sampel diambil 18 sampel, sedangkan untuk pemeriksaan MPN Coliform air bersih diambil 9 sampel dan untuk usap alat diambil 18 sampel. Hasil penilaian Lembar Observasi Higiene Sanitasi Makanan di Instalasi Gizi RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan tentang penerapan higiene sanitasi makanan telah memenui syarat sesuai dengan standar Kepmenkes No.715/Menkes/SK/V/2003 dan Kepmenkes RI No.1204/Menkes/SK/X/2004. Sedangkan hasil pemeriksaan bakteriologis kuman E. Coli pada makanan jadi negatif, hasil pemeriksaan bakteri Coliform pada air bersih dan pemeriksaan jumlah angka kuman pada peralatan masih belum memenuhi persyaratan. Dari hasil penilaian Lembar Observasi Higiene Sanitasi Makanan di Instalasi Gizi RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan tentang penerapan higiene sanitasi makanan telah memenui syarat sesuai dengan standar Kepmenkes No.715/Menkes/SK/V/2003 dan Kepmenkes RI No.1204/Menkes/SK/X/2004, hasil pemeriksaan bakteri E. Coli pada makanan jadi padat untuk ruang kelas I dan Paviliun serta ruang kelas II dan kelas III negatif E. Coli, pemeriksaan bakteri Coliform pada air bersih dan pemeriksaan jumlah angka kuman pada peralatan (piring dan sendok sayur) belum memenuhi syarat. Disarankan kepada pihak RSUD Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan khususnya untuk tenaga pengolah atau penjamah makanan hendaknya dilakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala dalam setahun sekali serta tenaga penjamah yang ada di Instalasi Gizi dilakukan pemeriksaan kesehatan ulang dan rectal swab, perlu adanya klorinasi / desinfeksi untuk air bersih pada tandon sehingga dapat menekan jumlah MPN Coliform dan rak penyimpan alat hendaknya diletakkan pada tempat yang kering dan tertutup serta jauh dari tempat pencucian agar alat tidak terkontaminasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 146 / 09 Roh e
Uncontrolled Keywords: Evaluation, Sanitation Food Hygiene, Nutrition Installation, Bangkalan hospitals.
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Creators:
CreatorsNIM
ENGGAR ROHANDINI, 100730317UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoedjajadi Keman, Prof., dr., MS., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 28 Jul 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 13:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22344
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item