STUDI TENTANG KECELAKAAN KERJA DAN FAKTOR PENYEBABNYA DI PT. INDONESIA POWER UBP PERAK-GRATI

RIZKY UBAYD KURNIAWAN, 10051606 (2010) STUDI TENTANG KECELAKAAN KERJA DAN FAKTOR PENYEBABNYA DI PT. INDONESIA POWER UBP PERAK-GRATI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-kurniawanr-12612-fkm147-k.pdf

Download (307kB)
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-kurniawanr-11075-fkm147-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Indonesia Power UBP Perak-Grati adalah salah satu perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang pembangkitan tenaga listrik. Pada proses pengoperasiannya memanfaatkan teknologi modern berbasis komputer dan menggunakan beragam energi primer sehingga dapat mengakibatkan kecelakaan kerja apabila tidak mendapatkan penanganan secara benar. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari statistik kecelakaan kerja, karakteristik kecelakaan kerja, karakteristik tenaga kerja yang pernah mengalami kecelakaan serta penyebab langsung (immediate causes) substandard practices. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode pengumpulan data secara observasional sedangkan menurut waktunya adalah cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan terdapat 6 kejadian kecelakaan yang terjadi selama tahun 2004-2008 yang terdiri dari 1 kecelakaan di tahun 2004 dan 5 kecelakaan di tahun 2008. Berdasarkan hasil perhitungan statistik kecelakaan kerja, diperoleh angka Incident rate tahun 2008 meningkat 4,5 kali dari angka Incident rate tahun 2004. Sedangkan untuk Frequency rate pada tahun 2008 terjadi peningkatan 5,5 kali dari angka frequency rate di tahun 2004. Hal tersebut menunjukkan terdapat potensi bahaya tinggi terhadap pekerjaan yang dilakukan. Kecelakaan yang sering terjadi adalah kecelakaan lalu lintas dan seluruhnya menggunakan sepeda motor. Kategori kecelakaan adalah kecelakaan berat yang terjadi pada shift I serta berlokasi di luar plant. Sedangkan untuk karakteristik tenaga kerja, persentase terbesar kecelakaan kerja terjadi pada usia tua (40-44 tahun) dan masa kerja 11-15 tahun serta berlatar belakang pendidikan SMA. Secara keseluruhan dari tahun 2004-2008, penyebab langsung (immediate causes) substandard practices sebanyak 4 kejadian. Sehubungan dengan tingginya angka kecelakaan lalu lintas tenaga kerja terutama pada tenaga kerja pengendara sepeda motor, maka disarankan agar manajemen mengadakan diklat safety riding serta mengoptimalkan kembali peran fasilitas bus yang disediakan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 147 / 09 Kur s
Uncontrolled Keywords: accident reporting statistic, accident characterization, employee characterization, immediate causes.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
RIZKY UBAYD KURNIAWAN, 10051606UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErwin Dyah Nawawinetu, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 28 Jul 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 13:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22345
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item