PENGARUH FAMILIARITY TERHADAP WORD OF MOUTH COMMUNICATION MELALUI TRUST (Studi Pada Mahasiswa Penyusun Skripsi Terhadap Dosen PembimbingProgram Studi Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga)

GANY MUSTHOFA, 040419047 (2009) PENGARUH FAMILIARITY TERHADAP WORD OF MOUTH COMMUNICATION MELALUI TRUST (Studi Pada Mahasiswa Penyusun Skripsi Terhadap Dosen PembimbingProgram Studi Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PENGARUH FAMILIARITY TERHADAP - gdlhub-gdl-s1-2009-musthofaga-10260-b144-9.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2236.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyedia jasa kini lebih mengedepankan hubungan dengan pelanggannya (relationship marketing). Salah satu cara dalam membangun hubungan dengan pelanggan adalah dengan cara menjalin familiarity (keakraban), karena keakraban ini dapat meningkatkan trust (rasa percaya) pelanggan terhadap penyedia jasa. Trust ini juga dapat mengarah pada word of mouth communication (informasi positif dari mulut ke mulut) yang disampaikan pelanggan penyedia jasa tersebut kepada rekanannya. Dengan demikian penyedia jasa tersebut dapat menarik pelanggan baru. Penelitian ini mengangkat permasalahan pengaruh familiarity terhadap word of mouth communication melalui trust, dengan setting penelitian hubungan yang terjalin antara mahasiswa penyusun skripsi Prodi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga dengan dosen pembimbingnya dalam proses pembimbingan skripsi. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah familiarity, trust, dan word of mouth communication. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 100 orang responden. Metode penentuan sampel yang digunakan adalah simple random sampling (sampling acak sederhana) proporsional dari 3 Prodi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga, yaitu Prodi S1 Manajemen, Prodi S1 Akuntansi, dan Prodi S1 Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP). Sedangkan teknik analisisnya menggunakan Path Analysis yang diolah dengan program AMOS 16. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah familiarity berpengaruh signifikan terhadap trust, dan trust berpengaruh signifikan terhadap word of mouth communication, dengan tingkat signifikansi α = 0,01.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 144 / 09 Mus p
Uncontrolled Keywords: CUSTOMER SATISFACTION; EDUCATION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6958.5-6976 Industrial relations
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
GANY MUSTHOFA, 040419047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI WAHYUNI ASTUTI, Dr., S.E., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 02 Oct 2009 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 20:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2236
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item