HUBUNGAN POLA MAKAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN GIZI TERHADAP STATUS GIZI PENDERITA DIABETES MELLITUS BARU (Studi dilakukan di Poli Diabetik RSU Dr. Soetomo Surabaya)

OSSI AL FAWZIE, 100511747 (2009) HUBUNGAN POLA MAKAN DAN TINGKAT PENGETAHUAN GIZI TERHADAP STATUS GIZI PENDERITA DIABETES MELLITUS BARU (Studi dilakukan di Poli Diabetik RSU Dr. Soetomo Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-fawzieossi-12526-fkm119-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-fawzieossi-11125-fkm119-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Diabetes Mellitus adalah kumpulan gejala yang timbul pada seseorang yang mengalami peningkatan kadar gula dalam darah dan tingginya kadar gula dalam urin. Gejala banyak makan, minum, kencing dan berat badan turun dengan cepat. Tujuan umum dari penelitian ini adalah untuk mempelajari hubungan antara pola makan dan tingkat pengetahuan gizi terhadap status gizi penderita Diabetes Mellitus Baru. Tujuan khusus mempelajari karakteristik individu rsponden, mengukur tingkat pengetahuan responden, mengukur tingkat konsumsi responden, mengukur pola makan responden, mengukur status gizi responden, menganalisa hubungan pola makan dan tingkat pengetahuan gizi terhadap status gizi penderita DM Baru. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh penderita DM yang menjalani rawat jalan di RSU Dr. Soetomo Surabaya. Besar sampel penelitian ini adalah 55 responden. Variabel yang diteliti adalah karakteristik, pola makan, tingkat konsumsi, pengetahuan gizi serta status gizi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi spearman. Hasil penelitian menggunakan uji statistik korelasi spearman dengan nilai p < 0,05 signifikan artinya adanya hubungan antara status gizi penderita diabetes dengan pola makan dan uji statistik korelasi spearman dengan nilai p > 0,05 tidak signifikan artinya tidak ada hubungan antara status gizi penderita diabetes dengan tingkat pengetahuan gizi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya hubungan antara pola makan dengan status gizi penderita diabetes dan tidak adanya hubungan antara tingkat pengetahuan dengan status gizi penderita diabetes. Saran dengan meningkatkan promosi kesehatan kepada penderita diabetes, memberikan informasi tentang diet bagi penderita diabetes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 119 / 09 Faw h
Uncontrolled Keywords: nutrition knowledge, consumption pattern, status of nutrient, diabetes mellitus
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
OSSI AL FAWZIE, 100511747UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMerryana Adriani, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 02 Aug 2010 12:00
Last Modified: 11 Oct 2016 00:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22363
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item