UPAYA PEMASARAN BERDASARKAN HARAPAN DAN PENILAIAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS MANANGA

Alfius Budy Setyawan, 100730278 (2009) UPAYA PEMASARAN BERDASARKAN HARAPAN DAN PENILAIAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS MANANGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-setyawanal-12566-fkm202-k.pdf

Download (307kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-setyawanal-11509-fkm202-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Puskesmas adalah kesatuan organisasi kesehatan fungsional yang merupakan pusat pengembangan perawatan masyarakat disamping memberikan pelayanan kesehatan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan-kegiatan pokok. Penelitian ini merupakan penelitian pemasaran yang dilakukan pada bulan Mei – Juni 2009 dan sampelnya adalah pasien yang pernah mendapat pelayanan rawat jalan di Puskesmas Mananga. Data mengenai harapan dan penilaian responden diperoleh dari wawancara dengan panduan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan jendela pelanggan. Hasil analisis dengan jendela pelanggan menunjukkan bahwa pada Area A yang harus diprioritaskan karena bersifat urgency yaitu jarak puskesmas yang kurang dekat dengan pemukiman penduduk, pelayanan penunjang medis yang kurang, kurang sesuainya biaya rawat jalan yang dibayar dengan pelayanan yang diterima, petugas kurang terampil dalam memberikan pelayanan kesehatan, informasi yang diberikan kurang tepat, sikap petugas yang kurang ramah, dan kondisi fisik bangunan puskesmas yang tidak baik. Pada area B harus dipertahankan karena sudah memenuhi harapan responden yaitu, jumlah petugas yang memadai, kemudahan memperoleh informasi, petugas tanggap dalam memberikan pelayanan dan fasilitas yang ada di Puskesmas Mananga. Upaya-upaya pemasaran yang dapat dilakukan oleh Puskesmas Mananga antara lain: 1) perbaikan puskesmas pembantu atau melaksanakan pelayanan pengobatan luar gedung di lokasi yang strategis, 2) menambah jenis pelayanan penunjang medis, 3) penyesuaian tarif dengan kualitas pelayanan, 4) pelatihan tenaga kesehatan, 5) mengadakan program penyuluhan secara rutin dengan melibatkan dukun, tokoh masyarakat dan tokoh agama, 6) meningkatkan kesopanan dan keramahan petugas dalam memberi pelayanan, 7) mengadakan perbaikan dan menata ulang bangunan fisik puskesmas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 202/09 Set u
Uncontrolled Keywords: HARAPAN; PENILAIAN; PEMASARAN; PUSKESMAS; JENDELA PELANGGAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Alfius Budy Setyawan, 100730278UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 20 Sep 2010 12:00
Last Modified: 09 Oct 2016 11:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22370
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item