PENGARUH JENIS MUSIK PENGIRING KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS Studi Pada Pekerja Pembungkus Lapis Legit di Home Industry Tanggo Rajo Lapis Legit, Jambi

Muttia A. Sutja, 100511703 (2009) PENGARUH JENIS MUSIK PENGIRING KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS Studi Pada Pekerja Pembungkus Lapis Legit di Home Industry Tanggo Rajo Lapis Legit, Jambi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-sutjamutti-12704-fkm231-k.pdf

Download (277kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-sutjamutti-11555-fkm231-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (933kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis adanya pengaruh musik terhadap produktivitas pekerja pembungkus di Home Industry Tanggo Rajo Lapis Legit, Jambi. Pengaruh musik terhadap produktivitas diketahui dengan menganalisis perbedaan antara produktivitas tanpa menggunakan musik dengan saat menggunakan musik pengiring. Sampel dalam penelitian ini adalah total dari populasi penelitian, seluruh pekerja pembungkus Lapis Legit di Home Industry Tanggo Rajo Lapis Legit, Jambi menjadi subjek dalam penelitian. Penelitian ini menggunakan rancang bangun eksperimental yaitu dengan musik pengiring kerja sebagai perlakukan yang diberikan. Musik pengiring kerja yang diteliti dalam penelitian ini adalah musik Dangdut (musik yang disukai pekerja), musik Keroncong (musik yang tidak disukai), musik Pop Slow, musik R&B, dan musik Rock. Data dianalisis dengan menggunakan Uji T Sampel Berpasangan. Dari hasil uji T diketahui bahwa ada perbedaan produktivitas yang signifikan saat menggunakan pengiring musik Dangdut dengan produktivitas tanpa musik (p=0,001), tidak ada perbedaan produktivitas yang signifikan saat menggunakan pengiring musik Keroncong dengan produktivitas tanpa musik (p=0,711), tidak ada perbedaan produktivitas yang signifikan saat menggunakan pengiring musik Pop Slow dengan produktivitas tanpa musik (p=0,262), ada perbedaan produktivitas yang signifikan saat menggunakan pengiring musik R&B dengan produktivitas tanpa musik (p=0,262), dan ada perbedaan produktivitas yang signifikan saat menggunakan pengiring musik Rock dengan produktivitas tanpa musik (p=0,262). Kesimpulan dan saran dari penelitian ini yaitu musik yang disukai oleh pekerja adalah musik Dangdut dan musik yang tidak disukai adalah musik Keroncong. Musik yang paling berpengaruh baik adalah musik Dangdut karena mengakibatkan peningkatan produktivitas paling tinggi sehingga sesuai digunakan sebagai musik pengiring di Home Industry Tanggo Rajo Lapis Legit adalah sedangkan musik yang berpengaruh buruk adalah musik Rock karena mengakibatkan penurunan yang berarti terhadap produktivitas sehingga sebaiknya tidak digunakan sebagai pengiring kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 231/09 Sut p
Uncontrolled Keywords: MUSIK PENGIRING KERJA, PRODUKTIVITAS, PENGARUH
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Muttia A. Sutja, 100511703UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMulyono, S.KM, M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 23 Sep 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 12:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22398
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item