HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK TENAGA KERJA DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA DI PT. HALIM JAYA SAKTI

Putri Rizkia Sari, 100511761 (2009) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK TENAGA KERJA DENGAN KEJADIAN KECELAKAAN KERJA DI PT. HALIM JAYA SAKTI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-sariputrir-12847-fkm271-k.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-sariputrir-11576-fkm271-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecelakaan akibat kerja adalah kecelakaan yang berhubungan dengan pekerjaan di perusahaan. Hubungan kerja disini dapat berarti bahwa kecelakaan kerja dapat terjadi disebabkan oleh pekerjaan atau pada waktu melakukan pekerjaan. Disamping keadaan yang tidak aman, karakteristik tenaga kerja juga dapat berhubungan dengan kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara karakakteristik tenaga kerja dengan kejadian kecelakaan kerja di PT. Halim Jaya Sakti. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dan bersifat crossectional. Sub populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di bagian gudang produksi PT. Halim Jaya Sakti. Besar sampel 50 orang ditentukan dengan cara random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan yang bekerja di bagian gudang produksi PT. Halim Jaya Sakti. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan, masa kerja dan kecelakaan kerja. Untuk mengetahui hubungan antara variabel digunakan uji Regresi Logistik, Fisher Exact Test dan Koefisien Kontingensi dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Berdasarkan hasil uji statistik dengan menggunakan Regresi Logistik, dapat diketahui bahwa ada hubungan bermakna antara umur dengan kejadian kecelakaan kerja dan masa kerja dengan kejadian kecelakaan kerja (p<0,05). Analisis hasil Fisher Exact Test diketahui tidak ada hubungan bermakna antara jenis kelamin dengan kejadian kecelakaan kerja (p>0,05). Analisis hasil Koefisien Kontingensi diketahui tidak ada hubungan bermakna antara tingkat pendidikan dengan kejadian kecelakaan kerja (p>0,05). Umur dan masa kerja mempunyai hubungan yang bermakna dengan kejadian kecelakaan kerja. Hal ini disebabkan karena pekerja dengan umur yang lebih muda memiliki pengalaman kerja yang kurang lebih sehingga berpotensi mengalami kecelakaan kerja dan pekerja dengan masa kerja lebih lama memiliki potensi kecelakaan kerja yang lebih kecil. Perusahaan diharapkan memberi perlindungan pada mesin agar mesin tidak terbuka karena dapat membahayakan tenaga kerja yang sedang bekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 271/09 Sar h
Uncontrolled Keywords: KECELAKAAN KERJA; KARAKTERISTIK TENAGA KERJA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV675-677 Accidents. Prevention of accidents
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsEmail
Putri Rizkia Sari, 100511761UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDenny Ardyanto, Dr., Ir., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 24 Sep 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 12:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22403
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item