HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK TENAGA KERJA DENGAN KANDUNGAN ASAM HIPURAT (C9H9NO3) URIN DI 7 PERUSAHAAN KABUPATEN SIDOARJO

Moch. Sahri, - (2009) HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK TENAGA KERJA DENGAN KANDUNGAN ASAM HIPURAT (C9H9NO3) URIN DI 7 PERUSAHAAN KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-sahrimoch-11610-fkm240-9.pdf

Download (808kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-sahrimoch-11610-fkm240-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Toluen masih banyak digunakan diindustri sebagai bahan pelarut dan bahan penolong, walaupun telah diketahui dampak negatifnya terhadap kesehatan tenaga kerja. Dampak negatif ini dapat dikendalikan salah satunya dengan mengukur kadar toluene di udara lingkungan kerja dan juga dilakukan biomonitoring terhadap tenaga kerja secara teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik individu dengan kadar asam hipurat urin pada tenaga kerja bagian produksi yang terpapar toluene di 7 perusahaan kabupaten Sidoarjo. Berdasarkan sifatnya penelitian ini bersifat analitik sedangkan menurut waktunya penelitian ini termasuk penelitian cross seccional. Populasi penelitian ini adalah tenaga kerja yang terpapar toluen dibagian produksi sebanyak 127 orang dan sebagai sampel sebanyak 97 orang di 7 perusahaan kabupaten Sidoarjo. Variabel penelitian ini meliputi kandungan asam hipurat urine, usia, jam kerja/hari, tingkat pendidikan, kebiasaan merokok dan penggunaan Alat pelindung Diri. Data penelitian ini diperoleh berdasarkan kuesioner, dan pemeriksaan kandungan asam hipurat urin. Untuk kadar toluen di lingkungan kerja dianalisis dengan metod 1510,Issue 2 dari NIOSH. Hasil penelitian menunjukkan kadar toluen di lingkungan kerja bagian produksi berkisar antara 0 ppm sampai 43 ppm dan masih dibawah nilai ambang batas berdasarkan SE.01/ MENAKER/1997, sedangkan pengukuran kadar asam hipurat pada tenaga kerja sebagian besar masih dalam batas normal Pada umumnya tidak terdapat hubungan bermakna antara kadar asam hipurat urin dengan usia, lama kerja dan penggunaan alat pelindung diri, tetapi ada hubungan yang bermakna antara kadar asam hipurat urin dengan tingkat pendidikan dan kebiasaan merokok. Kesimpulan yang dapat diambil adalah kadar toluene di udara lingkungan kerja maupun kadar asam hipurat urin pada tenaga kerja sebagian besar masih dibawah nilai ambang batas dan masih dibawah BEInya. Hubungan antara karakteristik individu yaitu usia, lama kerja tingkat pendidikan, kebiasaan merokok dan penggunaan alat pelindung diri dengan kadar asam hipurat urine yang mempunyai hubungan yang berarti yaitu tingkat pendidikan dan kebiasan merokok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 240/09 Sah h
Uncontrolled Keywords: KARAKTERISTIK INDIVIDU; KADAR ASAM HIPURAT URIN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Moch. Sahri, -UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNoeroel Widajati, S.KM., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 04 Oct 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 12:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22419
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item