HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI, STATUS ANEMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK SD ( Di SDN Mojosulur 2 Kelurahan Mojosulur Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto )

Nia Mei Lina, 100730368 (2009) HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI, STATUS ANEMIA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA ANAK SD ( Di SDN Mojosulur 2 Kelurahan Mojosulur Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-linaniamei-11611-fkm246-9.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-linaniamei-11611-fkm246-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Anemia adalah keadaan dimana kadar hemoglobin, hematokrit dan sel darah merah lebih rendah dari nilai normal sebagai akibat dari defisiensi salah satu atau beberapa unsur makanan yang esensial yang dapat mempengaruhi timbulnya defisiensi tersebut. Anemia terjadi karena asupan zat besi tidak cukup dan penyerapan tidak adekuat. Pengaruh masalah anemia pada anak SD adalah penurunan konsentrasi dalam belajar. Atas dasar kenyataan itu maka dilakukan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat konsumsi, status anemia dengan prestasi belajar pada anak SD di SDN Mojosulur 2 Kelurahan Mojosulur Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat konsumsi, status anemia dengan prestasi belajar pada anak SD. Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan menggunakan metode survey dan data dikumpulkan secara cross sectional. Kriteria sampel pada penelitian ini adalah anak SD kelas III, IV dan V. Terdapat 78 sampel dan ditentukan dengan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari dietetik, kadar hemoglobin dan prestasi belajar. Data lain dikumpulkan dengan kuesioner. Analisa data yang digunakan adalah chi square. Hasil penelitian menunjukan status anemia memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar (p<0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa status anemia berpengaruh terhadap prestasi belajar pada anak SD, untuk itu perlu dilakukan perbaikan pengolahan zat tanin, fitat dan oksalat serta peningkatan konsumsi zat gizi khususnya vitamin C agar prestasi belajar dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 246/09 Lin h
Uncontrolled Keywords: ANEMIA, TINGKAT KONSUMSI, PRESTASI BELAJAR, ANAK SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education
R Medicine > RC Internal medicine > RC666-701 Diseases of the circulatory (Cardiovascular) system
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Nia Mei Lina, 100730368UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorMerryana Adriani, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 04 Oct 2010 12:00
Last Modified: 11 Oct 2016 01:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22420
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item