ANALISIS KELUHAN DAN HARAPAN PENGGUNA KLINIK KECANTIKAN ESTETIKA DI SURABAYA BERDASARKAN KARAKTERISTIK PENGGUNA

Riza Afriani Margaresa, 100511724 (2009) ANALISIS KELUHAN DAN HARAPAN PENGGUNA KLINIK KECANTIKAN ESTETIKA DI SURABAYA BERDASARKAN KARAKTERISTIK PENGGUNA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-margaresar-11615-fkm254-9.pdf

Download (742kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-margaresar-11615-fkm254-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan klinik kecantikan estetika sebagai tempat perawatan kecantikan semakin meningkat. Banyaknya klinik kecantikan estetika yang tidak memiliki syarat yang lengkap dapat menimbulkan keluhan pengguna. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kebutuhan, harapan, dan hubungan karakteristik pengguna dengan pemilihan provider dan keluhan. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan cross sectional dengan mendekati pendekatan kuantitatif. Wawancara dilaksanakan pada 97 responden di Kota Surabaya, baik pengguna klinik kecantikan estetika maupun tidak. Subyek ditarik dari populasi dengan cluster ramdom sampling. Variabel bebas penelitian adalah karakteristik pengguna (jenis kelamin, tingkat pendapatan, pendidikan terakhir, pekerjaan, tingkat pengetahuan, umur, dan kondisi kesehatan). Veriabel terikat adalah pemilihan klinik kecantikan estetika dan keluhan. Data dianalisis dengan Uji Korelasi Spearman untuk data berskala ordinal dan Uji Kontingensi untuk data berskala nominal. Dari hasil analisis data statistik nonparametrik uji Spearman diketahui bahwa karakteristik pengguna yang berhubungan dengan pemilihan klinik kecantikan estetika di Surabaya adalah pendidikan terakhir pengguna dengan kompetensi SDM kesehatan (р = 0,023), pekerjaan dengan jenis perawatan yang disediakan (р = 0,045), dan tingkat pengetahuan pengguna dengan kelengkapan alat medis (р = 0,000). Hubungan antarvariabel lemah (r<0,5). Hasil uji Korelasi Kontingensi menunjukkan jenis kelamin pengguna dengan jenis perawatan yang disediakan di klinik kecantikan estetika yang dipilih (р <0,05) dan tidak ada hubungan antara karakteristik pengguna dengan terjadinya keluhan pada klinik kecantikan di Surabaya (р >0,05). Kesimpulan yang dapat diambil adalah keluhan pengguna klinik kecantikan estetika di Surabaya sebanyak 20%. Karakteristik pengguna berhubungan dengan pemilihan klinik kecantikan estetika. Karakteristik pengguna tidak berhubungan denan terjadinya keluhan. Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui peranan faktor provider dan lingkungan luar yang dapat mempengaruhi keluhan pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 254/09 Mar a
Uncontrolled Keywords: KLINIK KECANTIKAN ESTETIKA; PEMILIHAN; KELUHAN; HARAPAN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
Riza Afriani Margaresa, 100511724UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWidodo J P, dr., M.S., M.PH., Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 04 Oct 2010 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 13:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22424
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item