HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DAN STRESOR LINGKUNGAN KERJA DENGAN STRES KERJA PADA PENYELAM DI PT. ADVANCED OFFSHORE SERVICES

FARIS LAZWAR IRKHAMI, 101111104 (2015) HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DAN STRESOR LINGKUNGAN KERJA DENGAN STRES KERJA PADA PENYELAM DI PT. ADVANCED OFFSHORE SERVICES. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-irkhamifar-38209-5.abstr-k.pdf

Download (250kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stres adalah bentuk tanggapan terhadap situasi yang mengancam berupa ancaman fisik maupun psikologis dari lingkungan sekitar yang tidak dapat diatasi oleh seorang individu karena keterbatasan kemampuan. Tanggapan tersebut dapat berupa psikologis, fisik dan perilaku. Stres kerja adalah suatu keadaan yang timbul dalam interaksi antara manuasia dengan pekerjaanya. Terdapat beberapa faktor penyebab stres kerja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan tipe kepribadian dan stresor lingkungan kerja dengan stres kerja penyelam. Penelitian ini dilakukan dengan rancangan cross sectional melalui observasional kepada penyelam di PT. Advanced Offshore Services. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penyelam yang ada di PT. Advanced Offshore Services dan analisis data yang digunakan adalah uji korelasi spearman untuk skala data ordinal, uji korelasi pearson untuk skala data interval dan uji chi-square untuk skala data nominal. Berdasarkan hasil uji statistik menunjukan terdapat hubungan kuat antara tipe kepribadian (koefisien 0,645) dengan stres kerja pada penyelam. Hubungan antara umur (koefisien -0,283), tingkat pendidikan (koefisien -0,220), status perkawinan (koefisien 0,189), masa kerja (koefisien -0,158), gaji (koefisien 0,156), durasi selam (koefisien 0,083), area penyelaman (-), dan serangan binatang laut berbahaya (koefisien 0,156) dengan stres kerja pada penyelam tergolong rendah, sedangkan lokasi tempat tinggal (koefisien 0,539) tergolong sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tipe kepribadian mempunyai hubungan kuat dengan stres kerja, sehingga disarankan bagi perusahaan untuk melakukan pemeriksaan psikologis untuk mengetahui kondisi stres pekerja sebelum melakukan pekerjaan dan memberikan sosialisasi mengenai cara penanggulangan stres kerja serta memperlancar sistem pembayaran gaji terhadap pekerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 79/15 Irk h
Uncontrolled Keywords: PERSONALITY
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
FARIS LAZWAR IRKHAMI, 101111104UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Martiana, Prof.Dr.,dr.MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 04 Sep 2015 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 06:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22452
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item