FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA STRES KERJA PADA PEKERJA DI UNIT FABRIKASI PT. BANGUN SARANA BAJA GRESIK

BAMBANG PRIYAMBODO, 100710193 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN TERJADINYA STRES KERJA PADA PEKERJA DI UNIT FABRIKASI PT. BANGUN SARANA BAJA GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-priyambodo-26287-4.abst-k.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Stres merupakan tekanan fisiologis, psikologis yang di rasakan individu yang mengakibatkan dirinya terancam, baik secara fisik maupun mental. stres tidak dapat menyebabkan secara langsung, stres hanya mendorong timbulnya penyakit karena menurunnya kekebalan tubuh. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor apa sajakah yang berhubungan dengan kejadian stres kerja pada tenaga kerja di unit fabrikasi PT. Bangun Sarana Baja Gresik. Penelitian ini termasuk dalam penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel sebesar 54 orang diambil dari tenaga kerja yang bekerja di unit fabrikasi PT. Bangun Sarana Baja Gresik dengan menggunakan metode simple random sampling. Variabel bebas yang diteliti adalah factor karakteristik individu (usia, masa kerja, status perkawinan, tipe kepribadian), faktorintrisik pekerjaan (kebisingan, rutinitas kerja) dan faktor ekstrinsik pekerjaan(struktur dan iklim organisasi, hubungan interpersonal). Uji korelasi spearman dan ujikoefisien kontingensi (C) digunakan untuk mengetahui kuat hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 54 tenaga kerja sebanyak 44,4% mengalami stres ringan, 37% mengalami stres sedang dan 18,5% mengalami stres berat. Didapatkan hubungan yang kuat antara faktor usia dengan terjadinya stres kerjadan didapatkan hubungan sedang antarara faktor masa kerja, kebisingan dan strukturdan iklim organisasi terhadap terjadinya stres kerja. Kesimpulan penelitian bahwa tenaga kerja di unit fabrikasi PT. Bangun Sarana Baja Gresik beresiko mengalami stres kerja.Faktor yang memiliki hubungan kuat terhadap terjadinya stres kerja adalah faktor usia. Sebaiknya perusahaan memberikan batasan usia khusus yang boleh bekerja di unit fabrikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 20/13 Pri f
Uncontrolled Keywords: STRESS ; ACHIEVEMENT
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
BAMBANG PRIYAMBODO, 100710193UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTri Martiana, Prof. Dr. , dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 30 Jul 2013 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 07:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22474
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item