EVALUASI SISTEM SURVEILANS PES PADA MANUSIA DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN PASURUAN

Hendi Candrawijaya, 100630336 (2010) EVALUASI SISTEM SURVEILANS PES PADA MANUSIA DI DINAS KESEHATAN KABUPATEN PASURUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-candrawija-14744-kkckkf-k.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-candrawija-12290-kkckkf-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kejadian Luar Biasa (KLB) Penyakit Pes masih terjadi di Kabupaten Pasuruan. Kegiatan surveilans pes baik pada roden maupun pada manusia secara rutin sudah dilaksanakan tetapi KLB masih terjadi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan sistem surveilans pes pada manusia oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan agar KLB penyakit pes tidak menjadi ancaman lagi. Penelitian ini merupakan studi evaluasi terhadap pelaksanaan sistem surveilans pes pada manusia di Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan tahun 2007 dengan pendekatan pada komponen input (sumber data, jenis data, frekuensi pengumpulan data, tenaga, pendanaan, fasilitas, dan metode), proses (kompilasi, analisis dan interpretasi data), dan output (informasi epidemiologi dan diseminasi informasi). Hasil penelitian ini adalah tersedianya sumber data dan jenis data di Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan telah cukup tersedia, namun terhadap data-data tersebut sebatas dilakukan kompilasi saja. Analisis dan interprestasi data tidak dilakukan karena keterbatasan sumberdaya manusia dan minimnya pendanaan. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah pelaksanaan sistem surveilans pes pada manusia oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan masih kurang baik untuk mencegah KLB Pes pada manusia. Saran dari hasil penelitian ini adalah diharapkan adanya penambahan tenaga surveilans secara kualitas maupun kuantitas, tersedianya dana yang cukup untuk kegiatan surveilans pes pada manusia, dan peningkatan koordinasi antar seksi yang terkait dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyakit pes.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 49/10 Wij e
Uncontrolled Keywords: Pes, Sistem Surveilans, Evaluasi
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
R Medicine > RC Internal medicine > RC109-216 Infectious and parasitic diseases
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Hendi Candrawijaya, 100630336UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAtik Choirul Hidajah, dr., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 12 Feb 2011 12:00
Last Modified: 06 Oct 2016 02:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22476
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item