REKOMENDASI PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN PERSALINAN BERDASARKAN SERVICE CONVENIENCE DI RUMAH SAKIT SITI KHADIJAH SEPANJANG

FITRI MANGGARSARI, 100610126 (2011) REKOMENDASI PENINGKATAN PEMANFAATAN PELAYANAN PERSALINAN BERDASARKAN SERVICE CONVENIENCE DI RUMAH SAKIT SITI KHADIJAH SEPANJANG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-manggarsar-17283-fkmhkk-k.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-manggarsar-14443-fkmhkk-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rumah Sakit Siti Khadijah Sepanjang merupakan salah satu rumah sakit yang menyelenggarakan pelayanan persalinan. Namun pemanfaatan pelayanan persalinan di kamar bersalin RSSKS terus mengalami penurunan tiap tahunnya antara tahun 2004-2009 dengan rata-rata penurunannya sebesar 11,92 %. Tujuan penelitian ini adalah memberikan rekomendasi dalam upaya peningkatan pemanfaatan pelayanan persalinan di Rumah Sakit Siti Khadijah Sepanjang berdasarkan Service Convenience. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik tentang penilaian dan kepuasan pasien terhadap variabel Service Convience yang memiliki 5 sub variabel yaitu decision convenience, access convenience, transaction convience, benefit convenience dan post benefit convenience. Pengambilan sampel secara stratified random sampling didapatkan 79 responden, dengan metode analisis data adalah Kruskal Wallis, Fisher’s exact Test, Matrik posisi dan Regresi Logistik. Hasil uji beda (Kruskal Wallis dan Fisher’s exact Test) menunjukkan bahwa karakteristik responden di paviliun minah (kelas VIP dan kelas I) dan sakinah (kelas II dan kelas III) tidak ada beda, hanya ada beda pada pendidikan, tingkat penghasilan, dan sumber biaya persalinan. Hasil analisis dengan matrik posisi ditemukan beberapa sub variabel yang menjadi prioritas yaitu : 1) decision convenience yang perlu diperhatikan adalah kelas I, kelas II, dan kelas III, 2) access convenience yang perlu diperhatikan adalah pavilliun sakinah mengenai kecepatan menjangkau dan jarak RSSKS, 3) Transaction convenience yang bersifat urgent adalah kelas I mengenai kecepatan petugas menyelesaikan pembayaran biaya persalinan, 4) Benefit convenience yang harus diperbaiki adalah kelas VIP dan kelas II mengenai pengorbanan dan manfaat yang diperoleh, 5) Post benefit convenience harus diperbaiki adalah kelas I dan kelas III mengenai pelayanan setelah bersalin. Hasil uji pengaruh (Regresi Logistik) menunjukkan bahwa tingkat penghasilan responden berpengaruh terhadap kecepatan pengambilan keputusan bersalin di Rumah Sakit Siti Khadijah Sepanjang dan pendidikan responden berpengaruh terhadap penilaian responden mengenai kecepatan petugas menyelesaikan pembayaran biaya persalinan di Rumah Sakit Siti Khadijah Sepanjang. Upaya-upaya yang dapat dilakukan oleh Rumah Sakit Siti Khadijah Sepanjang antara lain: 1) Membuat program paket persalinan, 2) Pengurusan administrasi bisa dilayani lebih cepat, 3) Pelayanan rawat inap bersalin terus ditingkatkan supaya pasien merasa nyaman dan puas, 4) Keluhan pasien harus direspon dengan baik dan menyediakan kotak saran untuk menampung keluhan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 253/10 Man r
Uncontrolled Keywords: Service Convenience, Satisfaction, Labor
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics > RG500-991 Obstetrics > RG651-721 Labor. Parturition
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsEmail
FITRI MANGGARSARI, 100610126UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorStefanus Supriyanto, Prof., Dr., dr., MSUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 29 Mar 2011 12:00
Last Modified: 11 Jun 2017 15:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22483
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item