ANALISIS POSISI PRODUK PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN HARAPAN & PENILAIAN DI BKIA RSI JEMURSARI SURABAYA

WINDA NAWANGSARI, 100610025 (2011) ANALISIS POSISI PRODUK PELAYANAN KESEHATAN BERDASARKAN HARAPAN & PENILAIAN DI BKIA RSI JEMURSARI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-nawangsari-17285-fkm252--k.pdf

Download (627kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-nawangsari-14444-fkm252--e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Saat ini yang menjadi tuntutan masyarakat adalah pelayanan yang berkualitas, termasuk pelayanan di bidang perumahsakitan. Kualitas jasa merupakan bagian penting yang membedakan jasa pelayanan yang ditawarkan antara rumah sakit satu dengan yang lain. Rumah sakit selain dituntut memberikan pelayanan yang berkualitas juga harus memberikan pelayanan yang professional yang sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui posisi produk pelayanan kesehatan di BKIA RSIS Jemursari dari dimensi Dabholkar yang meliputi aspek fisik, reliabilitas, interaksi personal, pemecahan masalah, dan kebijakan dengan menggunakan matriks posisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan observasional dengan responden sebanyak 55 orang yang dilakukan pada bulan Mei- Juni 2010. Analisis posisi produk pelayanan kesehatan dengan menggunakan matriks posisi berdasarkan penilaian dan harapan menunjukkan bahwa dimensi kualitas yang berada pada kuadran I (kinerja RS diharapkan pasien tapi pasien menilai negatif) berdasarkan aspek fisik adalah kelengkapan peralatan medis di ruang periksa; berdasarkan reliabilitas adalah ketepatan penentuan diagnosis penyakit; berdasarkan interaksi personal adalah kejelasan dokter dalam memberikan informasi tentang status kesehatan pasien dan kejelasan dokter dalam memberikan informasi tentang tindakan medis/jenis obat yang diberikan; berdasarkan pemecahan masalah adalah kemampuan dokter dalam memberikan solusi tentang keluhan pasien; dan berdasarkan kebijakan adalah kepastian keberadaan dokter di ruang periksa sampai jam pelayanan berakhir dan ketepatan pelaksanaan terhadap jadwal waktu pelayanan (08.00-14.00). Kesimpulan yang dapat ditarik adalah pelayanan kesehatan di BKIA RSIS Jemursari sebagian besar masih belum sesuai dengan harapan pasien sehingga perlu adanya upaya peningkatan mutu pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 252/10 Naw a
Uncontrolled Keywords: Assessment, Expectations, Quality health services, Dimension Dabholkar, Matrix Position
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
WINDA NAWANGSARI, 100610025UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorStefanus Supriyanto, Prof., Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 29 Mar 2011 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 14:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22484
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item