PENGARUH PEMBERIAN KACAMATA KOREKSI PADA PENDERITA MIOPIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 SURABAYA

SYAFI'IN, 101011284 (2013) PENGARUH PEMBERIAN KACAMATA KOREKSI PADA PENDERITA MIOPIA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 34 SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-syafiin-22209-7.abstr-k.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (809kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Miopia merupakan gangguan penglihatan, Mata penderitanya tidak jelas saat melihat obyek yang letaknya jauh, sedangkan saat melihat obyek yang letaknya dekat dapat dilihat dengan jelas. Seorang siswa yang menderita miopia untuk penerimaan informasi secara visual dari guru akan terganggu, dengan pemberian kacamata koreksi yang tepat untuk mengoreksi kelainan miopianya, maka diharapkan penerimaan informasi tersebut akan lebih baik. Pada penelitian ini menganalisa pengaruh pemberian kacamata koreksi pada penderita miopia terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 34 Surabaya, dengan jenis penelitian eksperimental dengan Pre and Post test Randomized Controlled Group Design. Penentuan sampel penelitian dengan metode simple random sampling . Dengan menggunakan perbandingan 1:1. Jumlah sampel kasus (miopia) sebanyak 21 siswa dan sampel kontrol (tidak miopia) sebanyak 21 siswa. Wawancara dan kuesioner dilaksanakan pada 42 siswa yang menjadi responden untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang variable-variabel yang diteliti. Variabel bebas penelitian adalah miopia, yang kejadiannya diantaranya dipengaruhi oleh jenis kelamin dan keturunan. Hasil uji t sampel berpasangan dengan α=0,05 pada kelompok kasus menunjukkan bahwa pemakaian kacamata koreksi pada siswa miopia tidak berpengaruh secara bermakna terhadap prestasi belajar, untuk prestasi belajar bahasa Indonesia, matematika, dan IPA sesudah dan sebelum pemakaian kacamata koreksi didapatkan hasil p > 0,05, dan hanya prestasi belajar bahasa Inggris sesudah dan sebelum pemakaian kacamata koreksi didapatkan hasil p < 0,05. Sedangkan pada kelompok kontrol didapatkan hasil p > 0,05 untuk prestasi belajar bahasa Inggris, matematika, dan IPA dan hanya prestasi belajar bahasa Indonesia didapatkan hasil p < 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemakaian kacamata koreksi pada siswa yang mengalami miopia tidak berpengaruh secara bermakna dalam prestasi belajar siswa, dalam hal ini tidak hanya dipengaruhi oleh satu faktor saja, tetapi prestasi belajar sangat dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu faktor internal yang terdiri dari kesehatan (jasmani dan panca indera), kecerdasan, motivasi, dan tata cara belajar dan faktor eksternal yang terdiri dari kurikulum, guru, sarana/fasilitas, dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 169/12 Sya p
Uncontrolled Keywords: GLASSES CORRECTION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
SYAFI'IN, 101011284UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorArief Wibowo, Dr. , dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Mudjiono Mudj
Date Deposited: 08 Jan 2013 12:00
Last Modified: 29 Jan 2019 07:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22597
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item