ANALISIS VALUE CHAIN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PADA CV MEDIATAMA SURABAYA

LEISANDI ARSHITA FRANSISKA, 040510370 (2009) ANALISIS VALUE CHAIN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DALAM MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING PADA CV MEDIATAMA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-fransiskal-10839-a195-k.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-fransiskal-10311-a195-9.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam mempertahankan keunggulan kompetitif perusahaan di era globalisasi market maka perusahaan secara terus menerus memperbaiki operasi bisnisnya (continuosly improvement). Lingkup dari continuosly improvement adalah untuk menerapkan spektrum aktivitas bisnis dari desain produk dan kualitas. Salah satu upaya yang dilakukan dan dibutuhkan perusahaan dalam mencapai continuous improvement adalah dengan perbaikan secara berkelanjutan terhadap aktivitas nilai perusahaan. Untuk itulah perusahaan memerlukan suatu alat bantu dalam pengelolaan biaya guna membantu meningkatkan daya saing unggul di tengah persaingan bisnis saat ini. Analisis value chain dapat membantu CV Mediatama perwakilan Surabaya untuk mendapatkan informasi tentang kinerja masing-masing aktivitas nilai perusahaan yang berpotensi dalam memberikan peluang pengurangan biaya bagi perusahaan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan studi kasus. Analisis dilakukan dengan mengidentifikasi aktivitas sepanjang proses distribusi produk perusahaan, menetapkan value chain perusahaan, memisahkan ke dalam aktivitas nilai yang sesuai dan mengalokasikan biaya ke dalam tiap-tiap aktivitas nilai. Aktivitas-aktivitas nilai tersebut kemudian diidentifikasi lagi untuk menentukan adanya peluang pengurangan biaya pada aktivitas yang dilaksanakan tidak efisien maupun belum efisien. Prosedur pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Ruang lingkup penelitiannya value chain internal dengan mengalokasikan biaya-biaya operasional yang digunakan pada masing-masing aktivitas nilai dan value chain eksternal perusahaan untuk membina hubungan yang baik dengan pelanggan dan pemasok. Dari hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa pada aktivitas utama dan aktivitas pendukung CV Mediatama perwakilan Surabaya masih terdapat pelaksanaan aktivitas yang belum efisien. Perusahaan hendaknya mereduksi atau mengurangi secara bertahap biaya yang timbul dari aktivitas tersebut agar efisiensi biaya dapat meningkat melalui pelaksanaan aktivitas secara lebih efisien dan dengan menciptakan koordinasi yang lebih baik dengan pihak eksternal. Semua upaya ini dilakukan untuk menigkatkan kinerja dan kemampuan bersaing perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 195/09 Fra a
Uncontrolled Keywords: value chain, efisiensi biaya
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
LEISANDI ARSHITA FRANSISKA, 040510370UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDian Agustina, DR., SE., M.Si.AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 14 Oct 2009 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 01:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2287
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item