ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN PADA PENELITI DAN TEKNISI LITKAYASA BERDASARKAN TRAINING NEEDS ASSESSMENT (Studi Kasus di Loka Litbang P2B2 Tanah Bumbu Kalimantan Selatan Tahun 2011)

GUSTI MELIYANIE, 00911310 (2011) ANALISIS KEBUTUHAN PELATIHAN PADA PENELITI DAN TEKNISI LITKAYASA BERDASARKAN TRAINING NEEDS ASSESSMENT (Studi Kasus di Loka Litbang P2B2 Tanah Bumbu Kalimantan Selatan Tahun 2011). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-meliyanieg-20354-fkm641-k.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-meliyanieg-17077-fkm641-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penilaian kebutuhan pelatihan adalah suatu proses kegiatan sistematis yang bertujuan untuk mengidentifikasi kesenjangan kinerja yang disebabkan oleh kekurangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja. Penilaian kebutuhan pelatihan terdiri dari tiga tingkatan analisis yaitu organisasi, pekerjaan, dan individu. Tujuan dari penelitian ini adalah menyusun kebutuhan pelatihan untuk peneliti dan teknisi litkayasa di Loka Litbang P2B2 Tanah Bumbu berdasarkan hasil penilaian kebutuhan (training needs assessment). Penelitian ini adalah penelitian observasional deskriptif, subyek penelitian adalah peneliti dan teknisi litkayasa yang bekerja di Loka Litbang P2B2 Tanah Bumbu. Data primer diperoleh melalui kuesioner dengan metode wawancara, checklist dan self asessment. Berdasarkan hasil analisis organisasi diketahui organisasi membutuhkan berbagai pelatihan yang berkaitan dengan kegiatan litbang. Pada analisis pekerjaan diketahui berbagai kompetensi dan pelatihan yang dibutuhkan untuk pekerjaan peneliti dan teknisi litkayasa. Hasil analisis individu diketahui peneliti dan teknisi litkayasa yang membutuhkan pelatihan. Pencapaian kinerja peneliti rerata cukup sebanyak 55,56%, dengan rerata tingkat pengetahuan dan sikap kerja peneliti cukup sebanyak 75%. Pencapaian kinerja teknisi litkayasa 100% cukup baik, dengan rerata tingkat pengetahuan dan sikap kerja cukup sebanyak 66,7%. Prioritas kebutuhan pelatihan peneliti dan teknisi litkayasa adalah pelatihan metodologi penelitian, pelatihan penulisan KTI, pelatihan publikasi KTI dan karya ilmiah, pelatihan statistika penelitian dan aplikasi SPSS, pelatihan pemeliharaan dan kalibrasi alat dan fasilitas penelitian, diklat jafung peneliti dan teknisi litkayasa, pelatihan ilmu parasitologi dasar, pelatihan kedisiplinan pegawai, dan teknis pemeriksaan laboratorium, pelatihan komunikasi dan kerjasama tim. Hasil analisis kebutuhan pelatihan ini dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam merencanakan pelatihan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 64/11 Mel a
Uncontrolled Keywords: NURSE ; TRAINING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
GUSTI MELIYANIE, 00911310UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRatna Dwi Wulandari, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 20 Oct 2011 12:00
Last Modified: 21 Oct 2016 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22902
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item