EVALUASI SANITASI LINGKUNGAN INSTITUSI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS 1 KOTA MADIUN

RATRY SEFFY RAMIDHA, 100710101 (2011) EVALUASI SANITASI LINGKUNGAN INSTITUSI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KLAS 1 KOTA MADIUN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-ramidharat-17129-fkm551-e.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-ramidharat-17129-fkm551-e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Lembaga Pemasyarakatan (disingkat LP atau Lapas) adalah tempat untuk melaksanakan pembinaan narapidana dan anak didik pemasyarakatan di Indonesia.Penelitian ini bertujuan mengevaluasi sanitasi lingkungan institusi lembaga pemasyarakatan klas 1 kota madiun. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat evaluatif dan jika dilihat dari waktu penelitian ini dilakukan adalah bersifat cross sectional. Objek dalam penelitian ini adalah pengamatan terhadap sanitasi lingkungan institusi Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 kota Madiun dengan penilaian langsung menggunakan lembar observasi. Untuk hasil observasi, penelitian ini menganalisis secara deskriptif dengan menyesuaikan dengan acuan Pedoman kesehatan lingkungan di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Direktorat Bina Perawatan 2009; dan Kepmen Kehakiman dan HAM RI No: M.01.PL.01.01 TAHUN 2003 Tentang Pola Bangunan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan. Dilihat dari hasil analisis penilitian secara observasi pada sanitasi lingkungan di Lembaga Pemasyarakatan klas 1 kota Madiun, variabel kebersihan dan kesehatan penghuni, pasokan air, sanitasi serta ruang dan sel, telah memenuhi sesuai dengan Pedoman Kesehatan Lingkungan di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Direktorat Bina Perawatan 2009. Namun pada variabel dapur dan penyiapan makanan serta kantor lapas belum sesuai dengan Pedoman Kesehatan Lingkungan di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Direktorat Bina Perawatan 2009; dan Kepmen Kehakiman dan HAM RI No: M.01.PL.01.01 TAHUN 2003 Tentang Pola Bangunan Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan. . Kesimpulannya, sanitasi lingkungan di Lembaga Pemasyarakatan klas 1 Madiun sudah cukup baik mengenai sarana dan pelayanan kesehatan tetapi masih belum cukup baik pada variabel dapur dan penyiapan makanan serta kantor lapas. Sarannya, untuk menciptakan sanitasi lingkungan yang baik pada lembaga pemasyarakatan perlu dilakukan perbaikan sanitasi berdasarkan Pedoman kesehatan lingkungan di Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara, Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Direktorat Bina Perawatan 2009.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 55 /11 Ram e
Uncontrolled Keywords: COMMUNITY - SANITATION ; DIARRHEA
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD895-899 Industrial and factory sanitation
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
RATRY SEFFY RAMIDHA, 100710101UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorProf. Soedjajadi Keman, dr., M.S., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 21 Oct 2011 12:00
Last Modified: 21 Oct 2016 19:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22919
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item