ANALISIS STAKEHOLDER TERHADAP PEMIKIRAN PENERAPAN METODE ACTIVE CASE FINDING BERBASIS MASYARAKAT (Sebagai Upaya Peningkatan Cakupan Penemuan Suspek TB Paru)

MAULINA ROSIDA, 100830194 (2011) ANALISIS STAKEHOLDER TERHADAP PEMIKIRAN PENERAPAN METODE ACTIVE CASE FINDING BERBASIS MASYARAKAT (Sebagai Upaya Peningkatan Cakupan Penemuan Suspek TB Paru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rosidamaul-20455-fkm100-k.pdf

Download (267kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rosidamaul-17166-fkm100-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit Tuberculosis paru adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis. Penyakit TB Paru merupakan masalah utama kesehatan masyarakat di Indonesia. Penemuan pasien TB Paru merupakan langkah pertama dalam kegiatan program penanggulangan penyakit Tuberculosis. Selama ini, penemuan pasien TB Paru dilaksanakan secara Passive Case Finding, namun kekurangan metode Passive Case Finding adalah pasien TB Paru yang tidak berkunjung ke tempat pelayanan kesehatan tidak akan terjaring. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan analisis Stakeholder terhadap pemikiran penerapan metode Active Case Finding berbasis masyarakat. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan crosssectional. Penelitian dilakukan terhadap kepala Puskemas Wates, petugas P2TB Puskesmas Wates, dan Stakeholder. Penelitian dilakukan untuk mengetahui informasi mengenai pendapat Stakeholder, peranan Stakeholder, serta pendapat tentang keuntungan dan kerugian penerapan metode Active Case Finding berbasis masyarakat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan informasi bahwa sebagian besar Stakeholder mendukung terhadap pemikiran penerapan metode Active Case Finding berbasis masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 100 /11
Uncontrolled Keywords: VALUE ADDED ; COMUNITY HEALTH SERVICE
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
R Medicine > RC Internal medicine > RC306-320.5 Tuberculosis
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
MAULINA ROSIDA, 100830194UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Nyoman Anita Damayanti, drg., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 26 Oct 2011 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 23:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22930
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item