FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN BEROBAT PADA PENGGUNA NAPZA SUNTIK PASIEN TERAPI RUMATAN METADON (Studi Kelompok Dampingan Yayasan Bina Hati Surabaya)

SALLY ATYASASMI, 100710083 (2011) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN BEROBAT PADA PENGGUNA NAPZA SUNTIK PASIEN TERAPI RUMATAN METADON (Studi Kelompok Dampingan Yayasan Bina Hati Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-atyasasmis-20497-fkm116-k.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-atyasasmis-17204-fkm116-f.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyalahgunaan Napza merupakan salah satu penyebab utama penyebaran HIV/AIDS. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah menyusun program penanggulangan dampak buruk penyalahgunaan Napza. Program Terapi Rumatan Metadon adalah salah satu upaya pengurangan dampak buruk. Metadon adalah terapi substitusi bagi pecandu heroin dan opioid lain. Penelitian ini dilakuakan untuk mempelajari faktor yang berhubungan dengan kepatuhan Penasun pasien Program Terapi Rumatan Metadon. Penelitian dilaksanakan dengan racangan cross sectional dengan menggunakan metode kuantatif. Wawancara dilaksanakan pada 81 Pengguna Napza Suntik. Subjek diambil dari populasi dengan cara simple random sampling. Variabel bebas adalah pengetahuan, sikap, tindakan, dukungan keluarga, sikap petugas kesehatan, peran petugas penjangkau dan hambatan dalam mengakses layanan. Hasil penelitian menunujukan dari 81 penasun, 65 penasun patuh dalam mengikuti Program Terapi Rumatan Metadon. Tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan, ada hubungan antara sikap dan kepatuhan, tidak ada hubungan antara tindakan dengan kepatuhan, ada hubungan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan, ada hubungan antara petugas kesehatan dengan kepatuhan, ada hubungan antara peran petugas penjangkau/pendamping LSM dengan kepatuhan, ada hubungan antara hambatan mengakses layanan dengan kepatuhan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang bermakna antara sikap, dukungan keluarga, petugas kesehatan, peran petugas penjangkau, dan hambatan dalam mengakses layanan dengan kepatuhan penasun mengikuti Program Terapi Rumatan Metadon. Dukungan dan motivasi dari keluarga, petugas kesehatan, peran petugas penjangkau penting untuk mendorong perubahan perilaku dalam mengurangi dampak buruk penyalahgunaan Napza yang salah satunya adalah dengan berhenti menggunakan Napza suntik dan beralih pada penggunaan yang lebih aman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 116 /11 Aty f
Uncontrolled Keywords: AIDS (DISEASES) ; HIV and AIDS ; ANTI - ANTIBODIES
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC554-569.5 Personality disorders. Behavior problems Including sexual problems, drug abuse,suicide, child abuse
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SALLY ATYASASMI, 100710083UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorShrimarti Rukmini Devy, Dra., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 28 Oct 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 21:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22957
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item