ANALISIS PELAKSANAAN KELAMBUNISASI BERINSEKTISIDA PADA KEGIATAN PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN FAKTOR RISIKO MALARIA (Studi kasus di Puskesmas Savanajaya Kabupaten Buru)

WAHYU DILLYANTY, 100911296 (2011) ANALISIS PELAKSANAAN KELAMBUNISASI BERINSEKTISIDA PADA KEGIATAN PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGAN FAKTOR RISIKO MALARIA (Studi kasus di Puskesmas Savanajaya Kabupaten Buru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-dillyantyw-20540-fkm119-k.pdf

Download (265kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-dillyantyw-17240-fkm119-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit malaria sampai saat ini masih merupakan masalah kesehatan masyarakat, dan ironisnya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Penggunaan kelambu berinsektisida merupakan salah satu cara pencegahan dan penanggulangan faktor risiko di daerah endemis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan kelambunisasi berinsektisida di Puskesmas Savanajaya dan menganalisis kurang optimalnya pelaksanaan kelambunisasi. Penelitian dilaksanakan dengan rancangan croos sectional dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Wawancara dilaksanakan pada petugas Puskesmas dan kader yang dilibatkan dalam kegiatan program. Teknik pengumpulan data adalah melalui wawancara dan observasi langsung. Pelaksanaan kelambunisasi dalam penelitian ini menunjukan bahwa pre kegiatan program tidak melakukan mapping dan planning. Dikarenakan ketidaktahuan petugas. Kegiatan pembagian kelambu dilaksanakan tidak kepada seluruh masyarakat dan jumlah yang diberikan tidak sesuai standar Kementerian Kesehatan. Sasaran penjelasan yang diberikan kepada masyarakat adalah individu, sehingga penjelasan yang diberikan tidak menggunakan alat peraga. Kegiatan program kelambunisasi berinsektisida harus melakukan kegiatan mapping dan planning, sehingga tujuan yang diinginkan tercapai. Kegiatan perencanaan harus menjadi agenda pelatihan bagi petugas Puskesmas Savanajaya. Kerjasama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia atau Dinas Kesehatan Provinsi dalam pengadaan buku pedoman dalam pelaksanaan program pemberantasan malaria.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 119 /11 Dil a
Uncontrolled Keywords: Giving net, Malaria Risk, Malaria Preventif, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA399 Regulation of medical practice. Evaluation and quality control of medical care. Medical audit
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU DILLYANTY, 100911296UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRirih Yudhastuti, Dr. , drh., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 31 Oct 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 21:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22970
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item