PENGARUH SERVICE CONVENIENCE TERHADAP LOYALITAS PASIEN UMUM DI PUSKESMAS TUBAN KABUPATEN TUBAN

ANTARIE PRAFITRI, 100911367 (2011) PENGARUH SERVICE CONVENIENCE TERHADAP LOYALITAS PASIEN UMUM DI PUSKESMAS TUBAN KABUPATEN TUBAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-prafitrian-20560-fkm142-k.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-prafitrian-17250-fkm142-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masa sekarang ini kebutuhan akan pelayanan kesehatan sangatlah penting dalam kalangan masyarakat. Persaingan antara pelayanan kesehatan pemerintah dan swasta juga sangat ketat. Hal ini pun terjadi pada pelayanan Puskesmas dan pelayanan swasta. Salah satu yang menjadi pertimbangan seseorang untuk menggunakan jasa pelayanan kesehatan adalah service convenience atau kenyamanan yang diberikan oleh pelayanan kesehatan. Sebagian besar masyarakat akan menggunakan kembali pelayanan kesehatan apabila pelayanan yang diperoleh membuat mereka nyaman atau bermanfaat untuk mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh service convenience terhadap loyalitas pasien umum di Puskesmas Tuban. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional dengan metode survai analitik. Sampel penelitian adalah pasien umum yang berobat di Puskesmas tahun 2010. Sampel merupakan pasien umum yang berada di wilayah kerja Puskesmas yaitu 6 kelurahan dan 3 desa dan teknik yang digunakan adalah cluster sampling. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa karakteristik individu yaitu orientasi waktu pesien adalah penting, tekanan waktu responden adalah terbatas, empati responden sedang dan pengalaman responden berpengaruh terhadap penggunaan pelayanan kesehatan. Selain itu responden menilai bahwa orientasi waktu, empati dan pengalaman berpengaruh terhadap service convenience pelayanan kesehatan. Dari hasil penelitian juga menunjukkan bawa responden menganggap service convenience Puskesmas adalah baik dan service convenience akan berpengaruh terhadap tingkat loyalitas pasien umum sebesar 30%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 142 / 11 Pra p
Uncontrolled Keywords: COSTOMER SERVICE ; PATIENT SATISFACTION
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANTARIE PRAFITRI, 100911367UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHario Megatsari, S.KM., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 01 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22973
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item