ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) TERHADAP LOYALITAS MEREK (BRAND LOYALTY) PUSAT LAYANAN KESEHATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA (Studi Pada Mahasiswa Universitas Airlangga)

HARMOKO EDI SISWANTO, 100610169 (2011) ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK (BRAND EQUITY) TERHADAP LOYALITAS MEREK (BRAND LOYALTY) PUSAT LAYANAN KESEHATAN UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA (Studi Pada Mahasiswa Universitas Airlangga). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-siswantoha-20592-fkm144-k.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-siswantoha-17269-fkm144-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ekuitas merek merupakan sebuah relasi antara kastemer dengan merek. Dalam pelayanan kesehatan ekuitas merek dapat diketahui dari tingkat pemanfaatannya. Rata-rata tingkat pemanfaatan (utilisasi) Pusat Layanan Kesehatan Universitas Airlangga (PLK UA) dari selama empat tahun terakhir (tahun 2006/2007 sampai dengan tahun 2009/2010) per sebesar 26,55 % di atas standar angka kesakitan usia pemuda menurut Susenas BPS (2007) sebesar 12,50 % per tahun (over utilization). Tujuan Penelitian adalah menganalisis elemen ekuitas merek yang meliputi kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas dan pengaruhnya terhadap loyalitas merek. Penelitian ini adalah observasional analitik dengan populasi yang distratakan berdasarkan tingkat kunjungan di PLK UA meliputi: tinggi, sedang, dan rendah. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling dengan melotre frame data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden memiliki tingkat kesadaran merek yang tinggi terhadap PLK UA. Persepsi kualitas mayoritas respoden adalah tinggi. Asosiasi merek responden terhadap PLK UA mayoritas mengasosiasikannya dengan pelayanan kesehatan dengan bebas tarif (gratis). Mayoritas responden yang telah memanfaatkan PLK UA termasuk commited buyer. Hasil uji pengaruh ekuitas merek menunjukkan ada pengaruh. Hal ini sesuai dengan pendapat Aaker (1999) dalam Tjiptono (2005) yang menyatakan bahwa tingkat kekuatan sebuah merek akan mempengaruhi loyalitas merek. Oleh karena itu dibutuhkan penelitian lebih lanjut tentang menejemen merek sebagai faktor yang mungkin menyebabkan adanya pengaruh kekuatan merek dengan loyalitas merek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 144 /11 Sis a
Uncontrolled Keywords: SERVICE QUALITY
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA407-409.5 Health status indicators. Medical statistics and surveys
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
HARMOKO EDI SISWANTO, 100610169UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorThinni Nurul Rochmah, Dr. Dra.Ec ., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 03 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 18:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22989
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item