PENILAIAN CUSTOMER VALUE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN RAWAT INAP UNIT PAVILIUN RSD MARDI WALUYO BLITAR

MAWA DATUROHMAH, 100710181 (2011) PENILAIAN CUSTOMER VALUE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PEMANFAATAN RAWAT INAP UNIT PAVILIUN RSD MARDI WALUYO BLITAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-daturohmah-20619-fkm167-k.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-daturohmah-17303-fkm167-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pasien dalam memilih pelayanan kesehatan akan mempertimbangkan manfaat yang didapat dari pelayanan tersebut dibandingkan dengan pengorbanan yang akan dikeluarkan untuk mendapatkan pelayanan. Terlebih lagi unit rawat inap paviliun yang bertujuan untuk menghasilkan profit bagi rumah sakit. RSD Mardi Waluyo mempunyai 3 jenis paviliun yang terdiri dari paviliun Wijaya Kusuma, Anggrek, dan Cepaka. Selama kurun waktu 4 kali triwulan, semua BOR unit rawat inap unit pavilliun mengalami penurunan yang sangat tajam, rata-rata penurunannya yaitu 5,49% untuk VVIP Wijaya Kusuma, 7,48% untuk VIP Angrek, dan 12,5% untuk VIP Cepaka. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang bertujuan untuk membuat deskripsi tentang data yang telah dikumpulkan dengan tanpa maksud untuk membuat kesimpulan generalisasi dengan melakukan observasi pada unit rawat inap paviliun RSD Mardi Waluyo kota Blitar. Penelitian dilakukan secara cross sectional dengan mengumpulkan data pada suatu waktu untuk menggambarkan keadaan dan kegiatan pada waktu tersebut. Sumber informasi yang diambil sebanyak 52 responden dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat yang paling dirasakan oleh responden adalah manfaat dari personal pemberi jasa seperti petugas, perawat, dan dokter. Sedangkan manfaat yang paling tidak dirasakan oleh responden adalah manfaat pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Pengorbanan yang dirasakan tinggi oleh responden adalah pengorbanan moneter dan pengorbanan yang dianggap responden rendah adalah pengorbanan psikologis yang dirasakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rendahnya pemanfaatan rawat inap unit paviliun karena responden merasa pelayanan yang diberikan rumah sakit masih dirasakan kurang dan pengorbanan moneter yang dianggap tinggi oleh responden. Oleh karena itu untuk meninggkatkan customer value, RSD Mardi Waluyo harus meninggkatkan manfaat yang dirasakan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 167 / 11 Dat p
Uncontrolled Keywords: CUSTOMER SERVICE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA501-625 Surveying
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
MAWA DATUROHMAH, 100710181UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorWidodo J. P., dr., M.S., M.PH., Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 04 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 19:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/22997
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item