PERBEDAAN LINGKUNGAN PERKAMPUNGAN DAN PERUMAHAN TERHADAP KEJADIAN DBD (DEMAM BERDARAH DENGUE) (Di RW. II dan RW. VI Desa Tawang Sari Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo)

NILA RIZQIYAH, 100911341 (2011) PERBEDAAN LINGKUNGAN PERKAMPUNGAN DAN PERUMAHAN TERHADAP KEJADIAN DBD (DEMAM BERDARAH DENGUE) (Di RW. II dan RW. VI Desa Tawang Sari Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rizqiyahni-20625-fkm158-k.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rizqiyahni-17309-fkm158-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih merupakan masalah kesehatan masyarakat dan menimbulkan dampak sosial maupun ekonomi. Jumlah kasus yang dilaporkan cenderung meningkat dan daerah penyebarannya bertambah luas. Keadaan ini erat kaitannya dengan peningkatan mobilitas penduduk sejalan dengan semakin lancarnya hubungan transportasi serta tersebar luasnya virus Dengue dan nyamuk Aedes Aegypti sebagai penular di berbagai wilayah Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain penelitian cross sectional study, dengan besar sample 78 rumah pada lingkungan perkampungan dan 72 rumah pada lingkungan perumahan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara yang berpedoman pada kuesioner dan pengamatan secara langsung yang berpedoman pada lembar observasi serta teknik analisa data memakai uji T-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan antara lingkungan perkampungan dan perumahan terhadap kejadian DBD, dimana kejadian DBD tahun 2006 – 2010 di lingkungan perkampungan sebanyak 20 penderita dengan IR (Incidence Rate) 0,0005 orang/hari dan lingkungan perumahan sebanyak 7 penderita dengan IR (Incidence Rate) 0,0001 orang/hari. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada perbedaan lingkungan perkampungan dan perumahan terhadap kejadian DBD (Demam Berdarah Dengue), dimana perbedaan tersebut disebabkan karena keadaan lingkungan, tindakan penghuni rumah dan mobilitas penduduk di lingkungan perumahan lebih baik dari pada di lingkungan perkampungan. Untuk mendapatkan lingkungan yang bebas dari kejadian DBD hendaknya Puskesmas meningkatkan penyuluhan tentang program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) kepada kader yang mengikutsertakan seluruh ibu rumah tangga serta mengadakan kegiatan kerja bakti Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 158 / 11 Riz p
Uncontrolled Keywords: DENGUE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NILA RIZQIYAH, 100911341UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorRirih Yudhastuti, Dr., drh., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 04 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 20:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23003
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item