PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DAN TINGKAT KONSUMSI PADA BALITA USIA 12-36 BULAN DENGAN STATUS GIZI SANGAT KURANG DAN STATUS GIZI NORMAL

DEVI KARTIKA INDRIANA, 100710255 (2011) PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DAN TINGKAT KONSUMSI PADA BALITA USIA 12-36 BULAN DENGAN STATUS GIZI SANGAT KURANG DAN STATUS GIZI NORMAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
gdlhub-gdl-s1-2011-indrianade-20651-fkm170-k.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-indrianade-17318-fkm170-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (820kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Gizi sangat kurang pada balita merupakan masalah yang komplek. Timbulnya gizi sangat kurang tidak hanya karena asupan makanan yang kurang tetapi secara tidak langsung dikarenakan tingkat pengetahuan gizi ibu yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan tingkat pengetahuan ibu dan tingkat konsumsi (energi dan protein) pada balita usia 12-36 bulan dengan status gizi sangat kurang dan status gizi normal di wilayah Puskesmas Begadung Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk. Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan komparasi dengan pengumpulan data secara crossectional. Populasi adalah balita berusia 12-36 bulan dan besar sampel sebesar 17 balita untuk masing-masing subpopulasi yang dipilih secara simple random sampling. Pengumpulan data primer dilakukan dengan wawancara secara langsung menggunakan kuesioner. Data sekunder diperoleh dari instansi terkait. Uji yang digunakan adalah uji t-test, Mann-Whitney test dan chi square (α=0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada tingkat pengetahuan ibu dan tingkat konsumsi energi dan protein pada balita gizi sangat kurang dan gizi normal. Tidak terdapat perbedaan pada tingkat pendidikan ibu, pendapatan keluarga, jenis kelamin balita dan riwayat penyakit infeksi pada balita gizi sangat kurang dan gizi normal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan tingkat pengetahuan ibu dan tingkat konsumsi energi serta protein antara kelompok balita gizi sangat kurang dan gizi normal. Oleh karena itu disarakan peningkatan pendidikan gizi pada ibu balita dan pemantauan tingkat konsumsi energi dan protein pada balita di wilayah kerja Puskesmas Begadung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 170 / 11 Ind p
Uncontrolled Keywords: MALNUTRITION
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ251-325 Newborn infants Including physiology, care, treatment, diseases
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
DEVI KARTIKA INDRIANA, 100710255UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSiti Rahayu Nadhiroh, S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 07 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 20:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23008
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item