GAMBARAN TINGKAT KELELAHAN PADA PETUGAS TOWER CONTROL ATC DI BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA

FAHMI ARIEF HAKIM, 100710112 (2011) GAMBARAN TINGKAT KELELAHAN PADA PETUGAS TOWER CONTROL ATC DI BANDARA INTERNASIONAL JUANDA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-hakimfahmi-20715-fkm208-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-hakimfahmi-17378-fkm208-g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu pekerja yang rentan mengalami kelelahan adalah petugas Tower Control ATC yang kegiatan utamanya adalah melakukan pekerjaan statis duduk dalam waktu yang lama dan mengatur pergerakan pesawat yang mendarat maupun take-off di Bandara. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui faktor-faktor yang berkaitan dengan kelelahan pada petugas Tower Control ATC Di Bandara Internasional Juanda Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian observasional deskriptif dengan rancangan cross-sectional. Responden adalah seluruh petugas Tower Control ATC Bandara Internasional Juanda Surabaya. Variabel yang diteliti adalah faktor karakteristik individu (umur, jenis kelamin, status gizi) dan faktor pekerjaan (lama kerja,sikap kerja) terhadap tingkat kelelahan. Analisis hubungan kelelahan dengan beberapa faktor tersebut dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan cross-tabs. Untuk mengetahui kuat hubungan antar variabel digunakan uji Contingency coefficient (c). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa petugas yang mempunyai usia lebih tua lebih beresiko untuk mengalami kelelahan. Selanjutnya menunjukkan bahwa jenis kelamin perempuan lebih banyak yang mengalami kelelahan. Kemudian hubungan antara kelelahan dengan lama kerja perhari yaitu petugas yang bekerja >8 jam perhari mereka merasa lebih. Selanjutnya didapat bahwa petugas yang memiliki status gizi berlebih mengalami kelelahan tingkat sedang. Yang terakhir menunjukkan bahwa Sebagian besar petugas bekerja dengan sikap kerja yang ergonomis mengalami kelelahan tingkat sedang. PT. (Persero) Angkasa Pura I selaku pengelola Bandara Internasional Juanda Surabaya, hendaknya melakukan penambahan jumlah petugas Air Traffic Controller (ATC) untuk meningkatkan jaminan keselamatan pergerakan pesawat terbang yang berada di aerodrome Bandara Internasional Juanda Surabaya dan juga Petugas Tower Control ATC diharapkan mengetahui dan mampu memahami terkait beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keluhan kelelahan agar bisa bekerja secara maksimal sehingga produktivitas dan efisiensi kerja dapat dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 208 / 11 Hak g
Uncontrolled Keywords: FATIGUE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
FAHMI ARIEF HAKIM, 100710112UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSho’im Hidayat, dr., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 09 Nov 2011 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 16:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23040
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item