PERAN GENDER TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN IMS DI KALANGAN IBU RUMAH TANGGA RENTAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo)

NUR KHAMIDAH, 100710175 (2011) PERAN GENDER TERHADAP UPAYA PENCEGAHAN IMS DI KALANGAN IBU RUMAH TANGGA RENTAN (Studi di Wilayah Kerja Puskesmas Dinoyo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-khamidahnu-20772-fkm236-k.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-khamidahnu-17420-fkm236-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah IMS adalah masalah yang saat ini banyak dijumpai di masyrakat. Tingginnya angka HIV dan AIDS membuat angka kejadian IMS juga tinggi namun data yang tercatat sangat rendah. Terlebih banyak masyarkat yang tidak tahu tentang IMS. Saat trend yang berkembang adalah tingginya HIV dan AIDS pada Ibu rumah tangga. IMS yang menajadi pintu masuk untuk virus HIV sudah pasti memiliki angka yang tinggi. Namun karena pengetahuan yang kurang banyak Ibu rumah tangga yang tidak menyadari bahwa sebenarnya dia tertular IMS ditambah lagi kondisi ketimpangan gender yang ada di masyarakat. Jenis penelitian ini dengan penelitian deskriprif melalui pendekatan kualitatif dan rancang bangun cross sectional, data tersebut berupa hasil wawancara dengan alat bantu pedoman wawancara serta tape recorder, ada 9 orang yang dipilih menjadi informan. Pemilihan informan berdasarkan criteria inklusi dan dipilih dengan Snowball Sampling kemudian data tersebut dianalis melalui isi analisis berdasarkan pertimbangan ahli di bidang tersebut. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pengetahuan Ibu rumah tangga tentang IMS rendah sehingga banyak ibu rumah tangga yang tidak menyadari bahwa dia sebenarnya tertular IMS. Posisi sub ordinasi Ibu rumah tangga dalam peran reproduksi membuat ketidakberdayaan istri untuk melakukan upaya pencegahan terhadap IMS. Norma dimasyarakat bahwa istri harus taat pada suami memperparah keadaan istri yang tidak berdaya agar tidak tertular IMS Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa gender menjadi salah satu penyebab IMS. Istri yang memiliki kemampuan melarang suami untuk berhubungan seks ketika dia tahu bahwa suami suka jajan mampu membuat istri tidak tertular IMS Dari hasil ini diharapkan adanya peran serta pemerintah untuk meningkatkan program pemberdayaan perempuan sebagai salah satu upaya pencegahan terhadap IMS.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 236 / 11 kha p
Uncontrolled Keywords: GENDER INEQUALITY
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ12-449 Sexual life > HQ19-30.7 Sexual behavior and attitudes. Sexuality
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NUR KHAMIDAH, 100710175UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmat Hargono, Dr. dr., M.S., M.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 11 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 22:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23068
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item