HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI MAKANAN JAJANAN KARIOGENIK DAN KEBIASAAN MENGGOSOK GIGI SEBELUM TIDUR DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PERMANEN (Studi di SDN Tlogo Patut II Gresik, Kabupaten Gresik)

DWI RIYANTI, 100911269 (2011) HUBUNGAN ANTARA KONSUMSI MAKANAN JAJANAN KARIOGENIK DAN KEBIASAAN MENGGOSOK GIGI SEBELUM TIDUR DENGAN KEJADIAN KARIES GIGI PERMANEN (Studi di SDN Tlogo Patut II Gresik, Kabupaten Gresik). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-riyantidwi-20780-fkm231-k.pdf

Download (292kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-riyantidwi-17428-fkm231-h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Karies gigi adalah salah satu penyakit progresif yang dapat terjadi padab email, dentin dan akar gigi. Karies gigi merupakan penyakit multifaktoral dengan penyebab utama adalah gigi dan saliva, mikroorganisme dan substrat serta satu faktor tambahan yaitu waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsumsi makanan jajanan kariogenik dan kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur dengan kejadian karies gigi permanen. Penelitian analitik observasional dengan desain cross sectional ini dilakukan terhadap 57 siswa Sekolah Dasar Tlogo Patut II Gresik kelas 3, 4 dan 5 yang terpilih secara acak sebagai sampel penelitian. Data konsumsi makanan jajanan kariogenik dan kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur dikumpulkan melalui wawancara dengan kuesioner terstruktur, sedangkan data kejadian karies gigi permanen diperoleh melalui pemeriksaan gigi oleh perawat gigi. Analisa statistik dilakukan dengan uji korelasi spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa Sekolah Dasar Tlogo Patut II Gresik mengalami karies gigi permanen kategori ringan (58%), mengkonsumsi makanan jajanan kariogenik dengan kategori sering (48%) dan tidak terbiasa menggosok gigi sebelaum tidur (63%). Hasil analisa statistic menunjukkan ada hubungan antara konsumsi makanan jajanan kariogenik dengan kejadian karies gigi permanen (p=0,000; koefisien korelasi=0,752), dan ada hubungan antara kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur dengan kejadian karies gigi permanen (p=0,000; koefisien korelasi (-0,447). Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada hubungan antara konsumsi makanan jajanan kariogenik dan kebiasaan menggosok gigi sebelum tidur dengan kejadian karies gigi permanen. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pendidikan gizi tentang makanan jajanan yang sehat dan pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut terhadap anak sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 231 11 Riy h
Uncontrolled Keywords: HEALT AND HYGIENE ; DENTAL LARIES
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA601-602 Food and food supply in relation to public health
R Medicine > RK Dentistry > RK641-667 Prosthetic dentistry. Prosthodontics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DWI RIYANTI, 100911269UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAnnis Catur Adi, Dr. Ir., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 11 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 23:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23075
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item