KOMPARASI MANAJEMEN PELAYANAN ANTENATAL PUSKESMAS KENJERAN DENGAN PUSKESMAS PUCANG SEWU KOTA SURABAYA

LILIK ROHMAWATI, 100710186 (2011) KOMPARASI MANAJEMEN PELAYANAN ANTENATAL PUSKESMAS KENJERAN DENGAN PUSKESMAS PUCANG SEWU KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-rohmawatil-20783-fkm216-k.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-rohmawatil-17431-fkm216-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Rata-rata jumlah K1 dan K4 di Puskesmas Kenjeran dari tahun 2008-2010 sebesar 38,99% dan 18,24%. Cakupan tersebut masih jauh dibawah target yang ditetapkan dan lebih rendah dari Puskesmas Pucang Sewu yaitu 93,31% dan 69,72%. Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan manajemen program pelayanan antenatal di Puskesmas Kenjeran dan Puskesmas Pucang Sewu. Penelitian observasional ini dilaksanakan dengan rancangan cross sectional. Responden diambil dari seluruh populasi menggunakan teknik accidental sampling. Indepth interview dilaksanakan pada 18 responden yang terdiri dari seluruh petugas KIA dan kepala Puskesmas di kedua Puskesmas. Variabel penelitian yaitu proses menajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengendalian, evaluasi, dan output berupa cakupan pelayanan antenatal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan antental di Puskesmas Pucang Sewu lebih baik dari Puskesmas Kenjeran. Sedangkan berdasarkan hasil cakupan pelayanan antenatal menunjukkan bahwa kinerja Puskesmas Pucang Sewu juga lebih baik dari Puskesmas Kenjeran. Kesimpulan yang dapat ditarik adalah Puskesmas Pucang dengan manajemen program yang baik menghasilkan kinerja program pelayanan antenatal yang baik pula. Sedangkan Puskesmas Kenjeran dengan manajemen pelayanan antenatal yang buruk menghasilkan kinerja yang buruk pula. Rekomendasi terhadap manajemen pelayanan antenatal di Puskesmas Kenjeran antara lain melakukan perencanaan kebutuhan bidan dan dokumen berdasarkan kebutuhan pelayanan serta dengan menyediakan “buffer stock” untuk dokumen. Dalam proses penempatan pegawai sebaiknya dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama serta dengan mengadakan kegiatan khusus untuk meningkatkan hubungan dan motivasi ibu hamil. Meningkatkan kerja sama di antara bidan dalam memberikan pelayanan dan meningkatkan kompetensi kader. Melakukan health education di luar waktu pelayanan ibu hamil, segera melakukan pencatatan setelah pelayanan selesai dan melakukan kegiatan penyuluhan dan rujukan ibu hamil sebagai salah satu tindak lanjut dari hasil evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 216 / 11 Roh k
Uncontrolled Keywords: PUBLIC HEALT NURSING
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsEmail
LILIK ROHMAWATI, 100710186UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDr. Thinni Nurul R., Dra.Ec., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 11 Nov 2011 12:00
Last Modified: 28 Oct 2016 17:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23077
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item