PENGARUH MANAJEMEN PARTISIPATIF TERHADAP KEPUASAN KERJA STUDI KASUS PADA KARYAWAN DIVISI SERVICE PT. MURNI BERLIAN MOTORS SURABAYA

RAMA ADITYA, 040214586 (2009) PENGARUH MANAJEMEN PARTISIPATIF TERHADAP KEPUASAN KERJA STUDI KASUS PADA KARYAWAN DIVISI SERVICE PT. MURNI BERLIAN MOTORS SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-adityarama-11548-b8009-k.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-adityarama-10571-b8009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mempelajari hubungan antara manajemen partisipatif dalam konteks perencanaan strategis dan kepuasan kerja karyawan di perusahaan yang bergerak di bidang jasa yaitu PT. Murni Berlian Motor Surabaya pada divisi service.Tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kepuasan kerja karyawan agar produktifitas karyawan dapat tercapai dengan menggunakan sistem manajemen partisipatif. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa penggunaan gaya manajemen partisipatif oleh para manajer dan persepsi para karyawan terhadap proses perencanaan strategik yang bersifat partisipatif dapat diasosiasikan secara positif dengan tingginya tingkat kepuasan kerja. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa efektifnya komunikasi terhadap proses perencanaan strategik dalam unit kerja dapat pula diasosiasikan secara positif dengan tingginya kepuasan kerja. Penelitian ini juga menemukan bahwa manajemen partisipatif yang melibatkan pengawasan komunikasi secara efektif dapat meningkatkan kepuasan kerja pada karyawan. Penelitian dilakukan pada 40 orang yang bekerja sebagai karyawan di PT.Murni Berlian Motor Surabaya pada divisi service. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS for windows Release 12, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 0,873 + 0,263X1 + 0,099X2 + 0,364X3 Kemudian dari hasil uji F dapat dilihat bahwa nilai F hitung = 5,476 lebih besar dari nilai F tabel = 2,866, maka dapat disimpulkan dari hasil uji F di atas maka disimpulkan untuk menolak hipotesis nol.Dengan demikian hipotesis penelitian diterima, dengan kata lain faktor manajemen partisipatif yang terdiri atas gaya manajemen partisipatif oleh manajer, partisipasi dalam proses perencanaan strategik dalam unit kerja dan komunikasi yang efektif antar supervisor dengan karyawan secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan. Besarnya pengaruh atau koefisien determinasi (R2) yang disumbangkan variabel manajemen partisipatif terhadap kepuasan kerja karyawan adalah sebesar 31,3% dan sisanya 68,7% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini. Dari hasil diatas maka manajemen partisipatif mempunyai pengaruh yang nyata (signifikan) terhadap kepuasan kerja karyawan pada divisi service PT. Murni Berlian Motor Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 80 / 09 Adi p
Uncontrolled Keywords: Manajemen partisipatif, kepuasan kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD8039 By industry or trade
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
RAMA ADITYA, 040214586UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNuri Herachwati, Dra. Ec., M.Si., M.ScUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Dhani Karolyn Putri
Date Deposited: 31 Mar 2010 12:00
Last Modified: 28 Sep 2016 01:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/2309
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item