TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS KINERJA PELAYANAN DOKTER INSTALASI RAWAT JALAN (Studi kasus di RSUD Dr. Mohamad Saleh Probolinggo)

KRISTYA RIZKI WIDIANTI, 100710153 (2011) TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS KINERJA PELAYANAN DOKTER INSTALASI RAWAT JALAN (Studi kasus di RSUD Dr. Mohamad Saleh Probolinggo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-widiantikr-20881-fkm286-k.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-widiantikr-17522-fkm286-t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Adanya kesenjangan yang tinggi antara pelayanan yang seharusnya diberikan dokter dengan kenyataan kinerja pelayanan yang disampaikan oleh dokter. Jumlah pelayanan yang seharusnya dapat dipenuhi pihak RSUD Dr. Mohamad Saleh Probolinggo di poli IRJA sangat berbeda dengan kenyataan atau kapasitas aktual pelayanan yang diberikan dokter di rumah sakit. Penelitian bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pasien berdasarkan penilaian pasien terhadap kualitas kinerja pelayanan dokter IRJA di poli RSUD Dr. Mohamad Saleh Probolinggo. Penelitian dilaksanakan secara cross sectional, menggunakan pendekatan deskriptif dan dilakukan dengan wawancara kepada 75 pasien di lima poli IRJA RSUD Dr. Mohamad Saleh Probolinggo. Variabel penelitian adalah penilaian pasien dan tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas kinerja pelayanan dokter IRJA RSUD Dr. Mohamad Saleh Probolinggo menurut karakteristik individu, yaitu tingkat pendidikan, jenis pekerjaan, dan tingkat pendapatan berdasarkan sepuluh dimensi kualitas jasa Parasuraman, meliputi bukti fisik, reliabilitas, daya tanggap, kompetensi, kesopanan, kredibilitas, keamanan, akses, komunikasi, dan kemampuan memahami pelanggan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima dimensi kualitas jasa Parasuraman yang belum optimal dalam pelaksanaannya, antara lain dimensi reliabilitas, daya tanggap, kredibilitas, akses, dan komunikasi. Analisis tingkat kepuasan pasien berdasarkan penilaian pasien, menunjukkan pasien merasa tidak puas pada variabel penilaian pada dimensi daya tanggap dan akses. Namun pasien tetap merasa puas pada beberapa variabel penilaian dimensi bukti fisik, reliabilitas, kompetensi, kesopanan, kredibilitas, keamanan, komunikasi, dan dimensi kemampuan memahami pelanggan meskipun pada kenyataannya, beberapa variabel penilaian pada dimensi kinerja pelayanan dokter IRJA tersebut, dinilai belum optimal. Sebelum membuat suatu program, sebaiknya RSUD Dr. Mohamad Saleh Probolinggo lebih memperhatikan kelompok pasien dari tingkat pendidikan rendah, memiliki pendapatan menengah ke bawah, serta dari kalangan pensiunan dan pelajar sekolah-kuliah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 286 11 Wid t
Uncontrolled Keywords: NURSE - PATIENT RELATIONS ; PATIENT RELATION
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
KRISTYA RIZKI WIDIANTI, 100710153UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidodo J. P, dr., M.S., M.PH., Dr.PHUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 16 Nov 2011 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 18:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23109
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item