ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA PERAWAT BERDASARKAN TIME MOTION STUDY DAN KLASIFIKASI PASIEN DI IRNA RUMAH SAKIT JIWA MENUR SURABAYA TAHUN 2011

HANIDAR FAUHAIZAH, 100 710269 (2011) ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA PERAWAT BERDASARKAN TIME MOTION STUDY DAN KLASIFIKASI PASIEN DI IRNA RUMAH SAKIT JIWA MENUR SURABAYA TAHUN 2011. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-fauhaizahh-20945-fkm279-k.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-fauhaizahh-17560-fkm279-a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (854kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tenaga keperawatan adalah salah satu yang berperan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan. Pola ketenagaan perawat di rumah sakit sangat berpengaruh terhadap kinerja yang dihasilkan, di samping suasana kerja dan etos kerja. Dalam suasana kerja yang baik, peranan tenaga keperawatan yang ada belum diwakili dengan jumlah tenaga keperawatan yang kurang. Etos kerja yang baik pun belum memadai nilai kualitas dan kuantitas tenaga keperawatan yang ada tidak saling melengkapi satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk Menghitung kebutuhan jumlah tenaga perawat berdasarkan hasil Time Motion Study dan klasifikasi pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif observasional. Sampel dalam penelitian ini adalah Perawat Primer dan Perawat Associate yang bekerja di IRNA RSJ Surabaya. Jumlah sampel dalam penelitian ini ditentukan sendiri oleh peneliti yaitu 12 orang yang terdiri dari 6 Perawat Primer dan 6 Perawat Associate dan diamati selama 7 hari. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini non probability sampling dengan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat kekurangan 79 orang yang terdiri dari Perawat Primer dan Perawat Associate berdasarkan hasil perhitungan rumus WISN. Sedangkan menurut perhitungan rumus Douglas berdasarkan klasifikasi pasien kekurangan perawat sebesar 16 orang yang terdiri dari Perawat Primer dan Perawat Associate.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 279 11 Fau a
Uncontrolled Keywords: NURSES - WORK LOAD
Subjects: R Medicine > R Medicine (General) > R5-130.5 General works
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
HANIDAR FAUHAIZAH, 100 710269UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDr. Nyoman Anita Damayanti, drg., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Fariddio Caesar
Date Deposited: 17 Nov 2011 12:00
Last Modified: 27 Oct 2016 18:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/23122
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item